Cara Sholat Malam: Langkah-Langkah yang Harus Anda Lakukan

Sholat malam merupakan salah satu sholat sunnah yang disyariatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sholat malam merupakan sholat yang dilakukan di malam hari, dengan jumlah rakaat yang berbeda-beda. Sholat malam dapat dilakukan setelah terbenamnya siang hari, sebelum tiba waktu sholat subuh. Menurut hadits dari Aisyah r.a., Nabi Muhammad SAW biasa melakukan sholat malam sebanyak 2 – 12 rakaat. Sholat malam juga disebut dengan sholat tahajjud, yang memiliki keutamaan tersendiri.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda mengetahui cara-cara melakukan sholat malam. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika melaksanakan sholat malam:

1. Berwudhu

Pertama, anda harus melakukan wudhu sebagai persyaratan untuk melaksanakan sholat. Jika anda sudah berwudhu, maka anda dapat langsung melaksanakan sholat malam. Namun, jika anda sudah lama tidak berwudhu, maka anda harus melakukannya terlebih dahulu.

2. Membaca Doa Iftitah

Ketika anda sudah berwudhu dan siap melaksanakan sholat malam, anda harus membaca doa iftitah terlebih dahulu. Doa iftitah merupakan doa yang biasa dibaca oleh orang-orang yang akan melaksanakan sholat. Doa iftitah biasanya berbunyi seperti ini: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Kun Faya Kuma Tukadziban. A’udzu Billahi Minash Syaithanir Rajim, Bismillahir Rahmanir Rahim”.

3. Membaca Al-Qur’an

Setelah membaca doa iftitah, anda harus membaca Al-Qur’an. Anda boleh membaca ayat-ayat pendek maupun panjang dalam Al-Qur’an. Jika anda sudah membaca Al-Qur’an, anda boleh melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Membaca Doa Takbir

Setelah membaca Al-Qur’an, anda harus membaca doa takbir. Doa takbir biasanya berbunyi seperti ini: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. La Illaha Illallah. Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa Lillahil Hamd.”

5. Membaca Doa Istiftah

Setelah membaca doa takbir, anda harus membaca doa istiftah. Doa istiftah berbunyi seperti ini: “Subhanaka Allahumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah. Allahumma inni as’aluka alafiyat wa al’afiyat, wa rahmataka wa maghfirataka wa al-‘afwa wa ‘azamataka, wa a’udzu bika min syarri ma ajidu wa uhadhiru.”

6. Membaca Dzikir dan Doa-Doa

Setelah membaca doa istiftah, anda harus membaca dzikir dan doa-doa. Anda boleh membaca dzikir dan doa-doa yang anda sukai. Selain itu, anda juga boleh membaca doa-doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Anda boleh membaca doa-doa tersebut sebanyak yang anda mau.

7. Ruku dan Sujud

Kemudian, anda harus melakukan ruku dan sujud. Ruku dan sujud merupakan salah satu bagian dari sholat, yang harus anda lakukan. Ketika anda sudah melakukan ruku dan sujud, anda harus membaca doa-doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

8. Duduk di Antara 2 Rakaat

Setelah melakukan ruku dan sujud, anda harus duduk di antara 2 rakaat. Ketika anda sudah duduk di antara 2 rakaat, anda harus membaca doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Anda juga boleh membaca doa-doa yang lain.

9. Shalat Sunnah

Selain rakaat yang telah disebutkan di atas, anda juga boleh

Cara Sholat Malam: Langkah-Langkah yang Harus Anda Lakukan