12 Nama Alat Musik dan Cara Memainkannya

Bagi setiap orang yang tertarik dengan musik, pasti pernah mendengar nama alat musik. Seperti piano, gitar, biola, drum, dan lainnya. Alat musik sangat beragam, namun ada 12 nama alat musik yang paling populer dan sering dimainkan. Nah, dalam artikel ini kita akan mengulas tentang 12 alat musik populer dan bagaimana cara memainkannya.

1. Piano

Piano adalah salah satu alat musik yang paling populer. Alat ini terdiri dari 2 bagian yaitu tangga nada dan kemudi. Tangga nada terdiri dari 88 tuts (tombol) dan kemudi berfungsi untuk mengatur volume musik. Piano dapat dimainkan dengan menekan tuts yang berbeda. Tekan tuts berbeda akan menghasilkan nada yang berbeda. Piano juga merupakan alat musik yang paling mudah dipelajari dan digunakan untuk bermain musik klasik.

2. Gitar

Gitar adalah salah satu alat musik yang sangat populer. Alat ini terdiri dari 6 senar yang terikat pada senar gitar. Ketika senar ini ditarik, maka akan menghasilkan nada yang berbeda. Gitar dapat dimainkan dengan menggunakan jari-jari tangan untuk memetik senar. Gitar juga bisa dimainkan dengan menggunakan alat bantu seperti plektrum. Gitar bisa digunakan untuk bermain musik rock, pop, jazz, dan lainnya.

3. Biola

Biola adalah alat musik yang terbuat dari kayu, disebut juga dengan alat musik yang bersuara lembut. Alat ini terdiri dari 4 bagian yaitu badan, pagar, senar, dan kemudi. Biola memiliki 4 senar yang dipetik dengan menggunakan jari-jari tangan. Tekan senar yang berbeda akan menghasilkan nada yang berbeda. Biola sangat cocok untuk bermain musik klasik, jazz, dan lagu-lagu romantis.

4. Drum

Drum adalah alat musik yang terbuat dari logam dan kayu. Alat ini terdiri dari berbagai macam tabung yang dipukul dengan tangan atau dengan alat bantu seperti stik drum. Dengan memukul tabung yang berbeda akan menghasilkan nada yang berbeda. Drum sangat cocok untuk bermain musik rock, jazz, dan lainnya.

5. Trompet

Trompet adalah alat musik yang terbuat dari logam dan terdiri dari 3 bagian yaitu badan, trompet, dan kepala. Alat ini dimainkan dengan cara meniup kepala trompet. Nada yang dihasilkan akan bervariasi tergantung pada jenis trompet yang digunakan. Trompet sangat cocok untuk bermain musik klasik, jazz, dan lagu-lagu pop.

6. Clarinet

Clarinet adalah alat musik yang terbuat dari bambu atau logam dan terdiri dari 2 bagian yaitu badan dan kepala. Alat ini dimainkan dengan cara meniup kepala clarinet. Nada yang dihasilkan akan bervariasi tergantung pada jenis clarinet yang digunakan. Clarinet sangat cocok untuk bermain musik klasik, jazz, dan lagu-lagu pop.

7. Saxophone

Saxophone adalah alat musik yang terbuat dari logam dan terdiri dari 2 bagian yaitu badan dan kepala. Alat ini dimainkan dengan cara meniup kepala saxophone. Nada yang dihasilkan akan bervariasi tergantung pada jenis saxophone yang digunakan. Saxophone sangat cocok untuk bermain musik jazz, rock, dan lagu-lagu pop.

8. Violin

Violin adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan terdiri dari 4 bagian yaitu badan, senar, pagar, dan kemudi. Alat ini dimainkan dengan cara menggunakan jari-jari tangan untuk memetik senar. Tekan senar yang berbeda akan menghasilkan nada yang berbeda. Violin sangat cocok untuk bermain musik klasik, jazz, dan lagu-lagu romantis.

9. Akordeon

Akordeon adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan kulit. Alat ini terdiri dari 2 bagian yaitu tangga nada dan aksen. Tangga nada terdiri dari 40 tuts dan aksen berfungsi untuk mengatur volume musik. Akordeon dapat dimainkan dengan menekan tuts yang

12 Nama Alat Musik dan Cara Memainkannya