Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Pare adalah salah satu jenis buah yang dapat Anda temukan dengan mudah di pasar tradisional maupun swalayan. Biasanya ia dikemas dalam bentuk kecil-kecil bersusun rapi dan berwarna hijau. Warna tersebut menandakan bahwa pare masih segar dan layak untuk dikonsumsi. Namun, beberapa orang merasa bahwa pare yang dijual di pasar memiliki rasa pahit yang kurang enak. Padahal, sebenarnya rasa pahit tersebut bisa hilang dengan mudah.

Pentingnya Memilih Pare Segar

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika akan membeli pare adalah memilih yang segar. Pare yang sudah lama dijual di pasar akan cepat rusak atau tumbuh jamur. Sehingga, Anda harus benar-benar berhati-hati ketika memilih pare. Pilih pare yang berwarna hijau cerah, tidak ada jamur, dan tidak berbau. Jika Anda sudah yakin bahwa pare yang Anda pilih sudah layak, Anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya.

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Setelah memilih pare yang segar dan layak untuk dikonsumsi, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan rasa pahit pada pare:

1. Membuang Kulit dan Biji Pare

Salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan rasa pahit pada pare adalah dengan membuang kulit dan biji pare. Hal ini akan mengurangi rasa pahit yang ada. Caranya, jemur pare di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Setelah itu, rendam pare dalam air yang sudah diberi garam selama sekitar 15 menit. Setelah itu, bersihkan pare dengan air mengalir, lalu buang kulitnya dan bijinya. Pare siap untuk dimakan.

2. Membuat Pare Dalam Air Hangat

Cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada pare adalah dengan membuatnya dalam air hangat. Caranya, rendam pare dalam air hangat selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bersihkan pare dengan air mengalir. Selanjutnya, pare sudah siap untuk dimakan. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam atau air jeruk lemon untuk menambah rasa pada pare.

3. Membuat Pare Dengan Air Mendidih

Cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada pare adalah dengan membuatnya dengan air mendidih. Cara ini akan membantu untuk mengurangi rasa pahit pada pare. Untuk melakukannya, tuangkan satu liter air dalam panci dan didihkan. Setelah itu, rendam pare dalam air mendidih selama sekitar 15 menit. Setelah itu, bersihkan pare dengan air mengalir. Pare sudah siap untuk dimakan.

4. Membuat Pare Dengan Air Gula

Cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada pare adalah dengan membuatnya dengan air gula. Caranya, tuangkan satu liter air dalam panci dan masukkan gula sebanyak tiga sendok makan. Setelah itu, rendam pare dalam air gula selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bersihkan pare dengan air mengalir. Pare sudah siap untuk dimakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Dengan melakukan salah satu dari cara-cara tersebut, Anda bisa menikmati pare dengan rasa segar tanpa rasa pahit yang tidak enak. Jangan lupa untuk memilih pare yang segar dan layak untuk dikonsumsi agar Anda bisa mendapatkan rasa yang terbaik. Selamat mencoba!

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare