Cara Hitung Weton Jawa: Rahasia dari Ilmu Hitungan Jawa

Weton Jawa atau yang juga dikenal dengan sebutan Pasaran adalah sebuah teknik penghitungan kalender menurut tradisi Jawa. Seperti halnya kalender pada umumnya, pasaran jawa juga mempunyai waktu dan hitungan hari. Namun yang membedakan pasaran jawa dengan kalender umum adalah cara menghitungnya. di bawah ini akan dijelaskan cara hitung weton jawa.

Mengenal Weton Jawa

Weton jawa merupakan sebuah sistem kalender yang berbasis pada tradisi dan budaya Jawa. Pada dasarnya, Weton jawa mengacu pada siklus waktu yang berlangsung selama 5 hari. Siklus waktu ini disebut dengan “Pasaran”. Terdapat 5 jenis pasaran yang dipergunakan dalam sistem kalender weton jawa, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Setiap pasaran memiliki kegunaan dan arti yang berbeda.

Cara Hitung Weton Jawa

Pertama-tama, untuk dapat menghitung weton jawa, Anda harus mengetahui tanggal, bulan, dan tahun saat ini. Setelah itu, Anda harus mengetahui arti dari pasaran yang akan Anda hitung. Setiap pasaran memiliki arti dan kegunaan yang berbeda. Lalu, Anda harus menghitung jumlah hari dari tanggal tersebut. Jika jumlah hari dari tanggal tersebut adalah dua digit, maka Anda harus menggabungkan kedua digit tersebut menjadi satu digit saja. Setelah Anda mengetahui jumlah hari, langkah berikutnya adalah mencari pasaran yang sesuai dengan jumlah hari tersebut. Setiap pasaran memiliki jumlah hari yang berbeda-beda, yaitu Legi (1-5), Pahing (6-10), Pon (11-15), Wage (16-20), dan Kliwon (21-25).

Selanjutnya, Anda harus menghitung tanggal tersebut dengan cara mengurangi jumlah hari dari pasaran yang dipilih dengan jumlah hari yang telah Anda dapatkan tadi. Contohnya, jika pasaran yang dipilih adalah Legi dan jumlah hari yang telah dihitung adalah 5, maka pasaran yang terhitung adalah Legi 5. Setelah Anda mengetahui pasaran yang terhitung, maka Anda telah berhasil menghitung weton jawa.

Fungsi Weton Jawa

Weton Jawa memiliki fungsi yang cukup penting dalam tradisi Jawa. Dengan menggunakan weton jawa, masyarakat Jawa dapat menentukan tanggal dan hari yang cocok untuk berbagai kegiatan. Misalnya, saat menentukan hari yang tepat untuk melakukan upacara adat, masyarakat Jawa akan menggunakan weton jawa untuk menentukan hari yang tepat. Selain itu, weton jawa juga digunakan dalam berbagai kegiatan seperti membuat perjanjian, melakukan ritual, hingga menentukan hari yang tepat untuk melangsungkan pernikahan.

Manfaat Weton Jawa

Selain digunakan untuk menentukan hari dan tanggal yang tepat untuk berbagai kegiatan, weton jawa juga bermanfaat dalam menentukan hari yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan. Misalnya, saat Anda ingin membeli barang, Anda dapat menggunakan weton jawa untuk mengetahui hari yang paling cocok untuk melakukan transaksi tersebut. Selain itu, weton jawa juga dapat digunakan untuk menentukan hari yang tepat untuk melakukan berbagai hal lain seperti mengirimkan surat, menulis dan menerbitkan tulisan, dan lain sebagainya.

Penggunaan Weton Jawa di Dunia Modern

Meskipun di masa sekarang ini banyak orang yang tidak lagi menggunakan weton jawa dalam kehidupan sehari-hari, namun masih ada beberapa orang yang masih menggunakannya. Beberapa orang masih menggunakan weton jawa untuk menentukan hari yang tepat untuk melangsungkan pernikahan, atau menentukan hari yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan lainnya. Selain itu, weton jawa juga masih digunakan oleh beberapa orang untuk menentukan hari yang baik atau buruk.

Keunggulan Weton Jawa

Sebagai sebuah sistem kalender yang berdasarkan p

Cara Hitung Weton Jawa: Rahasia dari Ilmu Hitungan Jawa