Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10

Mengurangi Beban prosesor dan RAM

Kinerja laptop Windows 10 Anda tergantung pada prosesor dan RAM yang dipasang. Perangkat keras komputer adalah bagian yang paling penting yang dapat mempercepat atau memperlambat sistem. Jika prosesor Anda tua atau RAM Anda terbatas, maka Anda harus mengupgrade komponen ini untuk mempercepat kinerja laptop Windows 10 Anda. Namun, jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk mengupgrade komponen, Anda dapat mengikuti beberapa cara lain untuk mempercepat kinerja laptop Windows 10 Anda. Salah satunya adalah dengan mengurangi beban prosesor dan RAM.

Untuk mengurangi beban prosesor dan RAM, Anda perlu menonaktifkan aplikasi dan layanan yang tidak Anda gunakan. Anda dapat menonaktifkan aplikasi dan layanan yang berjalan di latar belakang dengan masuk ke Pengaturan > Sistem > Aplikasi dan Fitur. Di sini, Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan seperti aplikasi bawaan yang tidak Anda gunakan atau aplikasi yang Anda instal sebelumnya tapi tidak Anda gunakan lagi.

Menonaktifkan Fitur Animasi dan Efek

Beberapa fitur animasi dan efek Windows 10 dapat memperlambat kinerja laptop Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur animasi dan efek ini dengan masuk ke Pengaturan > Sistem > Animasi dan Efek. Di sini, Anda akan menemukan beberapa fitur yang dapat Anda nonaktifkan atau atur ulang agar laptop Anda dapat berjalan lebih cepat.

Anda juga dapat menonaktifkan animasi dan efek dengan menggunakan Registry Editor. Registry Editor adalah editor yang digunakan untuk memodifikasi registry Windows. Anda dapat masuk ke Registry Editor dengan mengetikkan “regedit” di kotak pencarian di taskbar dan menekan tombol Enter. Kemudian, Anda dapat mencari “HKEY_CURRENT_USER \ Control Panel \ Desktop” dan mengubah nilai “AnimasiCursor” dan “AnimasiWindow” menjadi 0.

Mematikan Fitur Windows Update

Windows Update umumnya mengambil banyak sumber daya sistem dan membuat laptop Anda berjalan lebih lambat. Oleh karena itu, Anda harus mematikan fitur Windows Update untuk mempercepat kinerja laptop Windows 10 Anda. Untuk mematikan fitur Windows Update, Anda perlu masuk ke Pengaturan > Update dan Keamanan > Windows Update. Di sini, Anda akan melihat pilihan “Matikan Windows Update” di sebelah kanan layar. Anda hanya perlu mengklik pilihan ini. Akan tetapi, pastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru Windows 10 sebelum Anda mematikan fitur Windows Update.

Menghapus Aplikasi dan Program yang Tidak Diperlukan

Aplikasi dan program yang tidak diperlukan juga dapat memperlambat kinerja laptop Windows 10 Anda. Oleh karena itu, Anda harus menghapus aplikasi yang tidak diperlukan untuk mempercepat kinerja laptop Windows 10 Anda. Untuk menghapus aplikasi dan program yang tidak diperlukan, Anda perlu masuk ke Pengaturan > Sistem > Aplikasi dan Fitur. Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di laptop Anda. Anda hanya perlu mencari aplikasi yang tidak diperlukan dan mengklik “Hapus”.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Sistem

Aplikasi pembersih sistem dapat membantu Anda membersihkan file-file sampah yang dapat memperlambat kinerja laptop Windows 10 Anda. Beberapa aplikasi pembersih sistem yang terkenal di antaranya CCleaner, Glary Utilities dan IObit Advanced System Care. Anda dapat mengunduh salah satu dari aplikasi pembersih sistem ini dan menggunakannya untuk membersihkan file-file sampah yang ada di laptop Anda.

Memindahkan File Sistem ke HDD Eksternal

Jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang terbatas di laptop Anda, Anda dapat memindahkan file sistem ke HDD eksternal. Ini akan membantu Anda membebaskan ruang penyimpanan laptop Anda dan mempercepat kinerja laptop Windows 10 Anda. Untuk memindahkan file sistem ke HDD eksternal, Anda perlu membeli HDD eksternal dan menghubungkannya ke laptop Anda. Kemudian, Anda dapat memindahkan file sistem ke HDD eksternal dengan menggunakan fitur “Memindahkan Sistem” di Pengaturan > Sistem > Penyimpanan

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10