Cara Membuat Bubur Ayam Enak dan Gurih

Bubur ayam adalah salah satu makanan yang bisa disajikan dalam berbagai cara.Dari segi rasa, bubur ayam juga bisa dibuat menjadi enak dan gurih. Untuk menikmati bubur ayam yang enak, berikut ini adalah cara membuatnya.

Persiapan Bahan-Bahan

Untuk dapat membuat bubur ayam yang enak dan gurih, pertama-tama Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur ayam antara lain beras, ayam, sayuran segar, dan bumbu-bumbu. Jika Anda ingin menambahkan topping di atas bubur ayam Anda, maka Anda juga harus menyiapkan toppingnya. Untuk sayuran segar, Anda bisa memilih bawang merah, bawang putih, wortel, dan daun bawang. Untuk bumbu-bumbunya, Anda bisa memilih garam, merica, dan bumbu bubur ayam.

Memasak Beras

Setelah bahan-bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah memasak beras. Cuci beras dengan air yang mengalir hingga bersih, lalu masukkan ke dalam panci. Tuangkan air secukupnya, lalu masak hingga beras sudah menjadi empuk. Jika sudah empuk, angkat beras dari panci, lalu tiriskan airnya.

Memasak Ayam

Langkah selanjutnya adalah memasak ayam. Rebus ayam sebelumnya dengan sedikit air hingga empuk. Setelah ayam empuk, angkat dari panci, lalu potong-potong sesuai selera. Untuk membuat bubur ayam yang enak dan gurih, Anda juga bisa menumis ayam terlebih dahulu dengan sedikit minyak. Aduk-aduk hingga ayam terlihat gurih.

Membuat Bubur

Setelah beras dan ayam sudah siap, saatnya untuk membuat bubur. Tuangkan beras yang sudah dimasak ke dalam panci. Beri sedikit air, lalu masak hingga beras menjadi lembut. Setelah itu, tambahkan ayam, sayuran, dan bumbu-bumbu ke dalam panci. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata. Setelah semua bahan tercampur rata, masak hingga bubur matang.

Menambahkan Topping

Jika Anda ingin membuat bubur ayam yang lebih enak dan gurih, Anda bisa menambahkan topping di atas bubur. Topping yang biasa digunakan adalah telur dadar, ikan asin, dan kerupuk. Anda juga bisa menambahkan kecap manis atau saus sambal untuk menambah rasa gurih bubur ayam Anda. Jika topping sudah siap, taburkan di atas bubur ayam Anda.

Porsi dan Penyajian

Setelah bubur ayam siap, tersisa satu hal yang harus dilakukan, yaitu menentukan porsi dan penyajian bubur. Untuk porsi, Anda bisa membagi bubur ayam menjadi beberapa porsi sesuai jumlah orang yang akan makan. Untuk penyajian, bubur ayam bisa disajikan dengan nasi putih, atau juga bisa disajikan dengan roti. Anda juga bisa menambahkan sambal atau kerupuk di atas bubur ayam untuk memberikan cita rasa yang lebih.

Kesimpulan

Itulah cara membuat bubur ayam yang enak dan gurih. Membuat bubur ayam enak dan gurih memang tidak terlalu sulit, hanya perlu sedikit ketelitian dalam memilih bahan dan mengikuti tahapan-tahapan membuatnya. Dengan cara ini, Anda bisa menikmati bubur ayam yang lezat dan gurih di rumah Anda sendiri.

Cara Membuat Bubur Ayam Enak dan Gurih