Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Cabe Rawit Lezat

Ayam geprek bersama sambal cabe rawit memang sudah terkenal di seantero Nusantara. Rasa pedasnya yang meresap seakan menggugah selera dan menambah semangat. Jika Anda ingin membuat sambal ayam geprek cabe rawit sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti cara berikut ini. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ayam geprek cabe rawit antara lain: 1/2 kg daging ayam, 1 liter air, 5 buah cabe rawit, 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 ruas jahe, 1 ruas lengkuas, 3 buah tomat, garam, penyedap rasa, dan minyak goreng.

Cara Mempersiapkan Bahan-Bahan

Pertama, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan tersebut. Anda bisa mencuci ayam dengan air mengalir, kemudian potong ayam menjadi beberapa bagian. Anda juga bisa mengiris cabe rawit dan tomat. Lalu, haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas. Setelah itu, Anda bisa menyiapkan minyak goreng.

Cara Memasak Ayam

Kemudian, Anda bisa memasak ayam dengan menggunakan air. Rebus ayam hingga matang, lalu angkat dan sisihkan. Setelah itu, Anda bisa mengoreng ayam hingga kering dan berwarna keemasan. Setelah itu, Anda bisa mengambil air rebusan ayam tadi dan masukkan kembali ke dalam panci. Tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera. Masak hingga mendidih.

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Cabe Rawit

Setelah itu, Anda bisa membuat sambal ayam geprek cabe rawit. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas. Aduk hingga harum. Masukkan tomat dan cabe rawit. Aduk hingga tomat layu dan tercampur rata dengan bumbu-bumbu lainnya. Masukkan ayam yang telah digoreng tadi, aduk rata. Masukkan air rebusan ayam dan tambahkan garam dan penyedap rasa. Aduk hingga rata dan masak hingga mendidih.

Cara Menyajikan Sambal Ayam Geprek Cabe Rawit

Setelah sambal ayam geprek cabe rawit matang, angkat dan sajikan. Anda bisa menyajikan sambal ayam geprek cabe rawit ini dengan berbagai macam lauk. Bisa dengan nasi, lontong, ataupun tahu dan tempe. Selain itu, Anda juga bisa menyajikan sambal ini dengan berbagai macam sayuran. Anda bisa menyajikan sambal ayam geprek cabe rawit ini dengan berbagai macam cara, sesuai selera Anda.

Kesimpulan

Membuat sambal ayam geprek cabe rawit sendiri di rumah juga tidak sulit. Anda cukup menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, memasak ayam, lalu membuat sambal ayam geprek cabe rawitnya. Setelah itu, Anda bisa menyajikan sambal ini dengan berbagai macam lauk dan sayuran. Dengan membuat sambal ayam geprek cabe rawit sendiri di rumah, Anda dapat menikmati rasa yang lebih lezat dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Cabe Rawit Lezat