Tata Cara Sholat Tarawih 8 Rakaat 2 Salam

Sholat tarawih adalah salah satu sholat sunah yang dikerjakan selama bulan Ramadhan. Sholat tarawih dikerjakan setelah sholat maghrib dan berjumlah 8 rakaat dengan 2 salam. Pembacaan dalam sholat tarawih ini pun berbeda dengan sholat-sholat lainnya. Berikut adalah tata cara sholat tarawih 8 rakaat 2 salam.

Tata Cara Sholat Tarawih 8 Rakaat 2 Salam

Pertama-tama, lakukanlah shalat maghrib sebagai syarat untuk melakukan sholat tarawih. Selanjutnya, mulailah melakukan sholat tarawih dengan bersuci dan membaca doa sebelum sholat. Setelah itu, lakukanlah takbiratul ihram yang pertama sebagai tanda dimulainya sholat tarawih. Lalu, lakukanlah ruku’ dan sujud sesuai dengan syariat islam. Setelah itu, lakukanlah tahiyatul awal sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya, lakukanlah rakaat kedua dengan cara yang sama seperti rakaat pertama.

Kemudian, lakukanlah salam pertama dan mulailah melakukan rakaat ketiga dengan cara yang sama seperti rakaat sebelumnya. Setelah itu, lakukanlah rakaat keempat dengan cara yang sama. Setelah selesai, lakukanlah salam ke dua sebagai tanda berakhirnya sholat tarawih. Lalu, lakukanlah 5 rakaat sholat tarawih lagi dengan cara yang sama seperti sebelumnya, yakni mulai dari rakaat pertama sampai salam kedua. Setelah itu, lakukanlah tahiyatul akhir sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Niat Sholat Tarawih 8 Rakaat 2 Salam

Sebelum melakukan sholat tarawih, disarankan untuk membaca niat sholat tarawih terlebih dahulu. Niat sholat tarawih adalah sebagai berikut: “Aku niat sholat tarawih 8 rakaat 2 salam karena Allah ta’ala”. Dengan membaca niat sholat tarawih tersebut, maka kita telah memenuhi syarat untuk melakukan sholat tarawih 8 rakaat 2 salam.

Keutamaan Sholat Tarawih 8 Rakaat 2 Salam

Sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, dengan melaksanakan sholat tarawih 8 rakaat 2 salam maka kita akan mendapatkan pahala yang lebih banyak dibandingkan jika melakukan sholat sunah lainnya. Kedua, dengan melaksanakan sholat tarawih 8 rakaat 2 salam maka kita akan mendapatkan kesempatan untuk beribadah tanpa batas. Ketiga, dengan melaksanakan sholat tarawih 8 rakaat 2 salam maka kita akan mendapatkan kekuatan spiritual yang lebih besar.

Kesimpulan

Sholat tarawih 8 rakaat 2 salam merupakan sholat sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan di bulan Ramadhan. Dengan melaksanakan sholat tarawih 8 rakaat 2 salam, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dan pahala yang lebih besar daripada sholat sunah lainnya. Oleh karena itu, marilah kita laksanakan sholat tarawih 8 rakaat 2 salam dengan penuh khusyuk dan keikhlasan.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sholat tarawih 8 rakaat 2 salam merupakan sholat sunah yang dianjurkan untuk dilaksanakan di bulan Ramadhan. Sholat tarawih 8 rakaat 2 salam memiliki banyak keutamaan yang sangat menguntungkan bagi yang melaksanakannya. Oleh karena itu, marilah kita laksanakan sholat tarawih 8 rakaat 2 salam dengan penuh khusyuk dan ikhlas.

Tata Cara Sholat Tarawih 8 Rakaat 2 Salam