Tata Cara Shalat Witir

Shalat witir merupakan salah satu jenis shalat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Shalat witir adalah shalat sunnah yang dikerjakan setelah shalat Isya. Shalat witir bisa dilakukan sebanyak 3, 5, 7 atau 9 rakaat. Namun, jumlah rakaat yang paling disukai oleh Nabi saw adalah 3 rakaat. Shalat witir dilakukan setelah melaksanakan shalat Isya dan bisa juga dilakukan sebelum shalat Isya.

Berikut ini adalah tata cara shalat witir yang benar:

1. Berwudhu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melaksanakan shalat witir adalah melakukan wudhu. Berwudhu adalah syarat wajib bagi umat muslim untuk dapat melakukan shalat. Syarat wudhu terdiri dari berbagai macam tindakan, mulai dari mencuci muka, mencuci tangan hingga membasuh kaki. Setelah berwudhu, kita bisa mulai melakukan shalat witir.

2. Niat Shalat Witir

Setelah berwudhu, langkah selanjutnya adalah mengucapkan niat shalat witir. Niat merupakan salah satu dari lima rukun shalat. Niat shalat witir adalah dengan mengucapkan “Nawaitu an usholli shalata witri sunnatan lillahi ta’ala”. Usahakan untuk mengucapkan niat dengan jelas dan tegas.

3. Membaca Doa Iftitah

Tahapan selanjutnya adalah membaca doa iftitah di awal shalat. Doa iftitah merupakan doa yang harus dibaca saat memulai shalat. Doa iftitah yang dibaca untuk shalat witir adalah “Allohumma inni a’udhu bika minal adh-dhunubi wal akh-dzab”. Setelah membaca doa iftitah, langkah selanjutnya adalah membaca Al-Quran.

4. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim. Setelah membaca doa iftitah, umat muslim wajib membaca Al-Quran di setiap rakaat shalat witir. Jika tidak ada ayat Al-Quran yang diingat, maka kita bisa membaca surat Al-Ikhlash sebanyak 3 kali di setiap rakaat.

5. Ruku dan Sujud

Setelah membaca Al-Quran, langkah selanjutnya adalah melakukan ruku dan sujud. Ruku dan sujud merupakan salah satu rukun shalat yang wajib dilakukan. Ruku dan sujud diulang sebanyak 3 kali di setiap rakaat shalat witir. Setelah melakukan ruku dan sujud, kita bisa melanjutkan shalat dengan membaca doa qunut.

6. Membaca Doa Qunut

Doa qunut merupakan doa yang harus dibaca di setiap rakaat shalat witir. Doa qunut yang dibaca adalah “Allahumma Rabbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa azhaabannar”. Setelah membaca doa qunut, kita bisa melanjutkan shalat dengan melakukan tahiyyat akhir.

7. Tahiyyat Akhir

Tahiyyat akhir adalah salah satu doa yang harus dibaca setelah melakukan shalat. Doa tahiyyat akhir yang dibaca adalah “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Setelah membaca doa tahiyyat akhir, kita bisa melanjutkan shalat dengan melakukan salam.

8. Salam

Setelah melakukan tahiyyat akhir, langkah selanjutnya adalah melakukan salam. Kita bisa melakukan salam dengan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Kita bisa mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri. Setelah melakukan salam, kita bisa melanjutkan shalat dengan melakukan doa selesai.

9. Membaca Doa Selesai

Doa selesai adalah doa yang harus dibaca setelah melakukan shalat. Doa selesai yang dibaca adalah “Allahumma laa maanaa illa maa ‘allamtanaa wa laa mubdi’u illa maa ‘allamtanaa wa laa yanfa’u ill

Tata Cara Shalat Witir