Kata Keterangan Cara: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Kata keterangan cara adalah salah satu jenis kata yang sering kita temui. Kata keterangan cara menyampaikan bagaimana sesuatu dilakukan atau berlangsung. Kata keterangan cara menggunakan akhiran ‘-kan’, ‘-lah’, ‘-kah’, ‘-nya’, ‘-an’, dan ‘-i’. Kata keterangan cara adalah salah satu jenis kata yang bisa membuat kalimat menjadi lebih lengkap, dan membuatnya lebih mudah dipahami.

Macam-macam Kata Keterangan Cara

Kata keterangan cara dapat dibagi menjadi tiga macam: (1) Kata keterangan cara dengan akhiran ‘-kan’, (2) Kata keterangan cara dengan akhiran ‘-lah’, dan (3) Kata keterangan cara dengan akhiran ‘-kah’, ‘-nya’, ‘-an’, dan ‘-i’. Berikut adalah contoh kata keterangan cara untuk masing-masing macamnya.

Kata Keterangan Cara dengan Akhiran ‘-kan’

Kata keterangan cara dengan akhiran ‘-kan’ adalah kata keterangan cara yang biasa digunakan untuk menyampaikan bagaimana sesuatu dilakukan. Berikut adalah contoh kata keterangan cara dengan akhiran ‘-kan’: jalani, lakukan, buatkan, kerjakan, beri, buatlah, dan lain-lain. Contoh kalimat yang menggunakan kata keterangan cara dengan akhiran ‘-kan’ adalah sebagai berikut:

  • Lakukan pekerjaan itu dengan baik.
  • Beri aku waktu untuk berpikir.
  • Buatkan saya makanan untuk malam ini.

Kata Keterangan Cara dengan Akhiran ‘-lah’

Kata keterangan cara dengan akhiran ‘-lah’ adalah kata keterangan cara yang biasa digunakan untuk menyampaikan bagaimana sesuatu dilakukan. Berikut adalah contoh kata keterangan cara dengan akhiran ‘-lah’: jalanilah, lakukanlah, buatlah, kerjakanlah, berilah, buatkanlah, dan lain-lain. Contoh kalimat yang menggunakan kata keterangan cara dengan akhiran ‘-lah’ adalah sebagai berikut:

  • Jalanilah dengan hati-hati.
  • Lakukanlah pekerjaan itu dengan baik.
  • Berilah aku waktu untuk berpikir.

Kata Keterangan Cara dengan Akhiran ‘-kah’, ‘-nya’, ‘-an’, dan ‘-i’

Kata keterangan cara dengan akhiran ‘-kah’, ‘-nya’, ‘-an’, dan ‘-i’ adalah kata keterangan cara yang biasa digunakan untuk menyampaikan bagaimana sesuatu dilakukan. Berikut adalah contoh kata keterangan cara dengan akhiran ‘-kah’, ‘-nya’, ‘-an’, dan ‘-i’: jalankan, lakukanlah, buatkanlah, kerjakannya, berikan, buatlah, dan lain-lain. Contoh kalimat yang menggunakan kata keterangan cara dengan akhiran ‘-kah’, ‘-nya’, ‘-an’, dan ‘-i’ adalah sebagai berikut:

  • Jalankan pekerjaan itu dengan baik.
  • Lakukanlah tugas itu dengan tepat.
  • Berikan aku waktu untuk berpikir.

Cara Penggunaan Kata Keterangan Cara

Penggunaan kata keterangan cara cukup mudah. Kata keterangan cara ditempatkan setelah kata benda atau kata ganti. Contohnya, ‘Lakukan’ setelah ‘Kerjakan’ atau ‘Beri’ setelah ‘Dia’. Kata keterangan cara juga dapat ditempatkan setelah kata kerja. Contohnya, ‘Lakukanlah’ setelah ‘Kerjakan’ atau ‘Berilah’ setelah ‘Dapatkan’.Kata keterangan cara biasanya terdiri dari dua atau tiga kata. Jika terdiri dari tiga kata, maka kata pertama dan kedua merupakan kata bantu, sed

Kata Keterangan Cara: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?