Tata Cara Meng Qodho Sholat

Sholat adalah salah satu ibadah yang wajib di lakukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Khususnya bagi orang yang telah memasuki usia baligh, yaitu berumur 12 tahun ke atas, maka sholat adalah salah satu ibadah yang tidak boleh ditinggalkan. Sholat merupakan ibadah yang paling utama bagi seorang muslim, karena di dalamnya terkandung berbagai nilai-nilai kepatuhan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Qodho sholat adalah sholat yang di lakukan untuk mengganti sholat yang kita lupa atau terlewatkan. Qodho sholat ini harus di lakukan oleh seorang muslim yang telah baligh. Qodho sholat ini juga harus di lakukan secara berurutan, sesuai dengan jumlah sholat yang telah di lupakan. Berikut ini adalah tata cara meng qodho sholat.

Tata Cara Meng Qodho Sholat

Pertama, orang yang ingin meng qodho sholat harus menghitung jumlah sholat yang belum di qodho. Jika jumlahnya lebih dari 10 sholat, maka orang tersebut harus mengganti sholat tersebut dengan mengerjakan 2 rakaat sholat sunat. Jika jumlah sholat yang belum di qodho kurang dari 10, maka orang tersebut harus mengganti sholat tersebut dengan mengerjakan qodho sholat secara berurutan.

Kedua, orang yang ingin meng qodho sholat harus mempersiapkan diri dengan membersihkan diri, menghapal lafadz sholat dan mengucapkan niat qodho sholat. Niat qodho sholat adalah “Nawaitu Sholat sunat qodho lima waktu” atau “Nawaitu Sholat fardhu qodho lima waktu”.

Ketiga, orang yang ingin meng qodho sholat harus memulai dengan mengerjakan sholat yang pertama. Jika orang tersebut ingin meng qodho sholat sunat, maka orang tersebut harus mengerjakan 2 rakaat sholat sunat. Jika orang tersebut ingin meng qodho sholat fardhu, maka orang tersebut harus mengerjakan sholat seperti biasanya dengan melaksanakan rukuk, sujud, duduk, dan seterusnya.

Keempat, setelah selesai mengerjakan sholat yang pertama, orang tersebut harus mengulangi langkah-langkah yang telah disebutkan di atas untuk meng qodho sholat yang selanjutnya.

Kelima, setelah meng qodho semua sholat yang terlewatkan, maka orang tersebut harus mengucapkan doa qodho sholat. Doa qodho sholat adalah “Allohumma aqdhi sholatii wa sunnatii wa qodholii wa qodhobii wa qodhoni”.

Pentingnya Meng Qodho Sholat

Meng qodho sholat adalah kewajiban bagi umat muslim yang telah baligh. Meng qodho sholat adalah salah satu bentuk kepatuhan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan qodho sholat, maka kita berusaha untuk menyempurnakan ibadah sholat yang telah kita lupa atau terlewatkan.

Selain itu, meng qodho sholat juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan dosa yang telah kita lakukan. Hal ini disebabkan karena dengan mengerjakan qodho sholat, maka kita telah memenuhi kewajiban kita untuk melaksanakan sholat. Dengan demikian, maka dosa-dosa yang telah kita lakukan akan diampuni oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Kesimpulannya, meng qodho sholat adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim. Meng qodho sholat bukan hanya merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan ibadah sholat yang telah terlewatkan, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan dosa yang telah kita lakukan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengerjakan qodho sholat ketika kita telah melakukan kesalahan dan lupa melaksanakan sholat.

Tata Cara Meng Qodho Sholat