Cara Ampuh Agar Token Listrik Tidak Bunyi

Token listrik memang diciptakan untuk mempermudah dan membuat kegiatan pembelian listrik menjadi lebih cepat. Namun jika token listrik yang Anda beli berbunyi, hal ini tentu menjadi hal yang sangat mengganggu. Lantas bagaimanakah cara agar token listrik tidak berbunyi? Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Bersihkan Kontak Token Listrik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan kontak token listrik. Banyak alasan mengapa token listrik berbunyi, salah satunya adalah karena kontaknya yang tidak bersih. Cara membersihkannya juga sangat mudah, cukup dengan menggunakan bahan kimia seperti kuas dan alcohool. Gunakan kuas untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kontak token listrik, lalu setelah itu gunakan alcohool untuk membersihkan kotoran yang tidak terlihat dengan mata. Jika Anda sudah melakukannya, maka cobalah untuk mencobanya lagi untuk melihat apakah token listrik sudah tidak berbunyi.

Ganti Kontak Token Listrik

Jika Anda sudah melakukan cara pertama dan token listrik masih berbunyi, maka Anda bisa mencoba cara kedua yaitu dengan mengganti kontak token listrik. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan membuka casing token listrik tersebut dan mencabut kontaknya. Setelah itu Anda bisa mengganti kontak token listrik dengan kontak yang baru. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara membuka casing token listrik, maka Anda bisa menanyakan kepada penjual token listrik.

Ganti Baterai Token Listrik

Selain kontak, baterai juga bisa menjadi penyebab token listrik berbunyi. Karena itu jika Anda sudah mencoba cara pertama dan cara kedua, namun token listrik masih tetap berbunyi, maka Anda bisa mencoba cara ketiga yaitu dengan mengganti baterai token listrik. Cara menggantinya juga cukup mudah, yaitu dengan membuka casing token listrik dan mengeluarkan baterai yang sudah lama. Setelah itu Anda bisa mengganti baterai yang lama dengan baterai baru.

Periksa Kabel Token Listrik

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa kabel token listrik. Jika Anda menggunakan token listrik yang memiliki kabel, maka pastikan kabel tersebut tidak tersambung ke sumber listrik yang tepat. Jika kabel tersebut terhubung dengan sumber listrik yang salah, maka token listrik akan mengeluarkan suara berisik. Karena itu pastikan kabel token listrik Anda terhubung dengan sumber listrik yang tepat.

Periksa Komponen Token Listrik

Selain kabel, Anda juga bisa memeriksa komponen lain pada token listrik. Pastikan bahwa semua komponen token listrik tersebut berfungsi dengan baik dan tidak ada yang rusak. Jika Anda menemukan komponen yang rusak, maka segera perbaiki atau ganti komponen tersebut. Dengan cara ini, maka Anda bisa menghindari bahwa token listrik Anda berbunyi saat digunakan.

Periksa Koneksi Token Listrik

Terakhir, Anda juga bisa memeriksa koneksi token listrik. Jika koneksi token listrik terputus atau tidak benar, maka token listrik akan mengeluarkan suara berisik. Karena itu pastikan koneksi token listrik Anda benar dan tidak terputus. Anda bisa memeriksanya dengan memastikan bahwa semua kabel sudah benar tersambung dengan sumber listrik.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah token listrik yang berbunyi. Untuk melakukannya, Anda bisa mencoba cara-cara diatas. Semoga dengan cara-cara diatas, maka Anda bisa mengatasi masalah token listrik yang berbunyi dan mengganggu.

Cara Ampuh Agar Token Listrik Tidak Bunyi