Tata Cara Sholat Istisqo Yang Benar

Shalat istisqo atau shalat hujan adalah shalat yang dilakukan untuk meminta hujan dari Allah swt. Shalat istisqo bisa dilakukan di mana saja. Namun, ada tata cara khusus yang harus diikuti untuk shalat istisqo agar pahala yang didapatkan bisa maksimal. Adapun tata cara shalat istisqo yang benar adalah sebagai berikut.

Tata Cara Shalat Istisqo yang Benar

Tata cara shalat istisqo yang benar dan benar-benar sesuai dengan sunnah adalah sebagai berikut:

1. Pertama, anda harus berwudhu terlebih dahulu. Ini adalah syarat utama bagi seorang muslim untuk melakukan shalat istisqo. Wudhu ini akan membantu anda untuk memulai shalat dengan hati yang bersih dan tulus.

2. Setelah berwudhu, anda harus berdiri dan membaca doa istisqo. Anda bisa menggunakan bacaan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa tersebut adalah “Allahumma innee as’aluka an taj’alaka ar-rahmaa fa taj’ala min fadlika ad-dhuhaa”. Anda juga bisa membaca doa dari Al-Quran atau hadits Nabi Muhammad SAW yang lain.

3. Setelah itu, anda harus membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya. Surat Al-Fatihah adalah surat yang paling penting dalam shalat. Anda juga bisa membaca surat pendek lainnya seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Jika anda tidak tahu surat-surat tersebut, anda bisa menggunakan bacaan doa lainnya.

4. Setelah membaca surat-surat tersebut, anda harus mengangkat tangan ke arah langit dan berdoa sebagai berikut: “Allahumma innii as’aluka bi haqqis shalaati an taj’alaka arrahmaa wa taj’alaka min fadhlika ad-dhuhaa”. Setelah itu, anda harus berdoa kepada Allah SWT untuk meminta hujan.

5. Setelah itu, anda harus berdoa lagi dengan bacaan doa yang berbeda. Anda bisa menggunakan bacaan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW atau doa yang anda buat sendiri. Di akhir doa tersebut, anda harus berdoa kepada Allah SWT agar diberikan hujan yang bermanfaat.

6. Setelah itu, anda harus mengangkat tangan ke arah langit dan membaca doa istisqo yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Anda bisa juga membaca doa lainnya yang anda buat sendiri. Di akhir doa tersebut, anda harus berdoa kepada Allah SWT agar diberikan hujan yang bermanfaat.

7. Setelah itu, anda harus membaca salam dengan bacaan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Setelah itu, anda harus berdoa kepada Allah SWT untuk meminta hujan yang bermanfaat.

8. Setelah itu, anda harus berdiri dan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya. Setelah itu, anda harus mengangkat tangan ke arah langit dan membaca doa istisqo yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

9. Setelah itu, anda harus membaca salam dengan bacaan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Setelah itu, anda harus berdoa kepada Allah SWT untuk meminta hujan yang bermanfaat.

10. Setelah itu, anda harus mengakhiri shalat istisqo dengan bacaan “Allahumma innii as’aluka an taj’alaka ar-rahmaa fa taj’ala min fadlika ad-dhuhaa”. Setelah itu anda harus berdoa kepada Allah SWT untuk meminta hujan yang bermanfaat.

Kesimpulan

Tata cara shalat istisqo yang benar adalah dengan melakukan wudhu terlebih dahulu, membaca doa istisqo, membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya, mengangkat tangan ke arah langit dan membaca doa istisqo, membaca salam, dan mengakhiri shalat istisqo dengan bacaan “Allahumma innii as’aluka an taj’alaka ar-rahmaa fa taj’ala min fadlika ad-dhuhaa”. Dengan melak

Tata Cara Sholat Istisqo Yang Benar