Cara Membuat Paklaring di Disnaker

Setiap usaha yang bergerak di bidang bisnis, baik itu usaha kecil maupun usaha besar, diwajibkan untuk memiliki paklaring di Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker). Paklaring ini merupakan salah satu bukti legalitas usaha yang harus dimiliki dan diajukan kepada Disnaker. Apabila suatu usaha tidak memiliki paklaring, maka usaha tersebut dapat dikenakan sanksi berupa denda.

Paklaring di Disnaker merupakan kesepadanan antara perusahaan dengan pemerintah. Dimana pemerintah memberikan izin berbisnis kepada perusahaan melalui Disnaker. Selain itu, paklaring juga berfungsi untuk menghindari penggunaan tenaga kerja ilegal seperti pekerja anak.

Adapun langkah-langkah untuk membuat paklaring di Disnaker adalah sebagai berikut:

Mempersiapkan Dokumen Persyaratan

Pertama, persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengajukan paklaring di Disnaker. Dokumen-dokumen tersebut adalah Surat Permohonan Paklaring, Surat Keputusan Pendirian Badan Usaha, Surat Pernyataan Pengalaman Usaha, dan Surat Pernyataan Tidak Pernah Divonis Melakukan Tindak Pidana. Jika usaha masih baru, maka perusahaan juga harus menyertakan Surat Pernyataan Pendaftaran Badan Usaha.

Selain itu, perlu juga untuk menyiapkan dokumen-dokumen lain seperti Surat Pernyataan Tidak Pernah Divonis Melakukan Tindak Pidana, Surat Pernyataan Pengalaman Usaha, dan Surat Pernyataan Kebenaran Data. Semua dokumen ini harus disiapkan sebelum mengajukan paklaring di Disnaker.

Melakukan Registrasi di Disnaker

Kedua, lakukan registrasi di Disnaker. Untuk melakukan registrasi, perusahaan harus membuka akun di situs resmi Disnaker. Setelah akun terbuat, perusahaan dapat langsung melakukan pendaftaran paklaring. Perusahaan juga harus mengisi informasi yang diperlukan seperti nama, alamat, nomor telepon, dan jenis usaha yang dilakukan.

Setelah semua informasi diisi, perusahaan harus mengunggah dokumen-dokumen yang disebutkan sebelumnya. Perusahaan juga harus mengunggah foto diri yang sesuai dengan persyaratan yang diwajibkan oleh Disnaker. Setelah semua dokumen terunggah, perusahaan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Mengajukan Permohonan Paklaring

Ketiga, setelah semua dokumen terunggah, perusahaan dapat langsung mengajukan permohonan paklaring di Disnaker. Perusahaan harus mengisi semua informasi yang diminta, seperti nama perusahaan, alamat usaha, dan jenis usaha yang dilakukan. Setelah itu, perusahaan dapat mengirimkan permohonan paklaring.

Tahap ini juga mengharuskan perusahaan untuk membayar biaya pembuatan paklaring yang telah ditentukan oleh Disnaker. Perusahaan harus membayar biaya tersebut melalui transfer ke rekening yang telah ditentukan. Setelah itu, perusahaan harus konfirmasi pembayaran kepada Disnaker agar permohonan paklaring dapat diproses.

Menunggu Proses Verifikasi

Keempat, tunggulah proses verifikasi yang dilakukan oleh Disnaker. Dalam tahap ini, Disnaker akan memeriksa semua dokumen yang telah diunggah dan melakukan verifikasi terhadap data-data yang telah diisi. Apabila data yang telah diisi tidak sesuai dengan persyaratan, maka permohonan paklaring akan ditolak.

Setelah verifikasi selesai, Disnaker akan mengirimkan surat pemberitahuan mengenai hasil verifikasi. Jika hasil verifikasi positif, maka Disnaker akan mengirimkan paklaring yang telah diterbitkan. Namun jika hasil verifikasi negatif, maka permohonan paklaring akan ditolak dan perusahaan harus mengajukannya kembali setelah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Setiap usaha yang bergerak di bidang bisnis diwaj

Cara Membuat Paklaring di Disnaker