Cara Bikin Background di Zoom

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Zoom, platform video conferencing yang banyak digunakan saat ini untuk keperluan WFH ataupun kegiatan remote lainnya. Di Zoom, kamu bisa melakukan video call dengan berbagai custom background, baik itu background yang sudah tersedia di Zoom maupun background yang kamu buat sendiri. Nah, di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara bikin background di Zoom.

Cara bikin background di Zoom cukup mudah. Pertama kamu harus download dahulu aplikasi Zoom di HP ataupun laptop kamu. Setelah itu, buka aplikasi Zoom dan log in dengan akun Zoom kamu. Setelah masuk ke akun Zoom, kamu bisa memilih opsi ‘Settings’ untuk masuk ke halaman pengaturan. Di halaman ini, kamu bisa memilih opsi ‘Virtual Background’ untuk memilih background yang sudah tersedia di Zoom ataupun menambahkan background kamu sendiri. Jika kamu ingin menambahkan background sendiri, kamu bisa klik opsi ‘+’ pada sisi kanan atas layar.

Setelah memilih opsi ‘+’, kamu akan diminta memilih gambar yang akan kamu jadikan background. Pilih gambar yang kamu inginkan dari folder dokumen ataupun foto kamu. Setelah memilih gambar, kamu akan diminta untuk mengatur beberapa setting seperti brightness, contrast, dan saturation. Setelah mengatur settingnya, pilih opsi ‘OK’ di pojok kanan bawah layar untuk menyimpannya. Selanjutnya, background yang kamu pilih akan muncul di list ‘Virtual Background’ dan kamu bisa memilihnya untuk menggunakannya saat video call.

Di samping cara di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Canva untuk membuat background yang kamu inginkan. Caranya, buka aplikasi Canva dan pilih opsi ‘Create a Design’. Pilih jenis design yang kamu inginkan, misalnya ‘Presentation’ atau ‘Social Media’. Setelah itu, tambahkan elemen, gambar, dan teks yang kamu inginkan, lalu pilih opsi ‘Export’ di pojok kanan atas layar. Pilihlah opsi ‘PNG’ untuk menyimpan gambar background tersebut di HP kamu. Setelah itu, kamu bisa menggunakan gambar tersebut sebagai background di Zoom.

Selain menggunakan gambar, kamu juga bisa membuat background dengan warna solid. Caranya, buka halaman ‘Virtual Background’ di Zoom, lalu klik opsi ‘+’ pada sisi kanan atas layar. Pilihlah opsi ‘Add Color’, lalu pilih warna yang kamu inginkan. Setelah itu, pilih opsi ‘OK’ di pojok kanan bawah layar untuk menyimpan pengaturan tersebut. Color background yang kamu buat akan muncul di list ‘Virtual Background’ dan kamu bisa memilihnya untuk menggunakannya saat video call.

Itulah cara bikin background di Zoom yang bisa kamu lakukan. Daftar background yang kamu buat akan tercantum di list ‘Virtual Background’ dan kamu bisa memilihnya untuk digunakan saat video call. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan background yang sudah tersedia di Zoom ataupun membuat background dengan warna solid. Tinggal pilih background mana yang kamu inginkan dan gunakan saat video call.

Kesimpulan

Cara bikin background di Zoom cukup mudah. Kamu bisa menggunakan gambar dari folder dokumen ataupun foto kamu, membuat color background dengan warna solid, ataupun menggunakan background yang sudah tersedia di Zoom. Setelah membuat background, daftar background akan tersimpan di list ‘Virtual Background’ dan kamu bisa memilihnya untuk digunakan saat video call. Dengan begitu, presentasi kamu akan terlihat lebih menarik dan menambah kesan profesional.

Cara Bikin Background di Zoom