Cara Mengecek IP Address Komputer

IP address adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi komputer di internet. IP address memungkinkan komputer untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Ini juga digunakan untuk menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lain. Setiap komputer yang terhubung ke jaringan internet memiliki alamat IP unik. Dengan mengetahui IP address komputer, Anda dapat mengakses komputer lain dari jarak jauh dan mengontrol jaringan.

Mengecek IP address komputer Anda sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek IP address komputer Anda:

Menggunakan Command Prompt

Salah satu cara yang paling umum untuk mengecek alamat IP adalah dengan menggunakan Command Prompt. Command Prompt adalah aplikasi command-line yang tersedia di sistem operasi Windows. Anda bisa mengaksesnya dengan mengetikkan “cmd” pada menu pencarian Windows. Setelah Command Prompt terbuka, Anda bisa mengetikkan perintah “ipconfig” dan tekan enter. Perintah ini akan menampilkan alamat IP yang terhubung dengan komputer Anda.

Menggunakan Network Connections

Anda juga bisa menggunakan Network Connections untuk mengecek alamat IP komputer Anda. Network Connections adalah aplikasi yang tersedia di sistem operasi Windows. Anda bisa mengaksesnya dengan mengetikkan “Network Connections” pada menu pencarian Windows. Setelah Network Connections terbuka, Anda bisa mengklik koneksi jaringan yang ingin Anda lihat. Di bawah tab “Network Connections”, Anda akan melihat alamat IP yang terhubung dengan komputer Anda.

Menggunakan Website

Anda juga bisa menggunakan situs web untuk mengecek alamat IP komputer Anda. Ada banyak situs web yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hal ini. Situs web seperti WhatIsMyIP.com dan IPChicken.com akan menampilkan alamat IP yang terhubung dengan komputer Anda. Anda hanya perlu membuka salah satu situs web tersebut dan ia akan secara otomatis menampilkan alamat IP yang terhubung dengan komputer Anda.

Menggunakan Aplikasi

Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengecek alamat IP komputer Anda. Ada banyak aplikasi yang tersedia di internet yang bisa digunakan untuk melakukan hal ini. Beberapa aplikasi yang populer dan bisa Anda gunakan adalah Advanced IP Scanner, Angry IP Scanner, dan Total Network Monitor. Anda hanya perlu mengunduh salah satu aplikasi tersebut dan menjalankannya untuk melihat alamat IP yang terhubung dengan komputer Anda.

Menggunakan Router

Anda juga bisa menggunakan router untuk mengecek alamat IP komputer Anda. Router adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet. Anda bisa mengakses router dengan mengetikkan alamat IP router ke dalam browser web. Biasanya, alamat IP router adalah 192.168.1.1. Setelah Anda berhasil mengakses router, Anda bisa melihat daftar perangkat yang terhubung ke router. Di daftar tersebut akan terlihat alamat IP komputer yang terhubung dengan router.

Kesimpulan

Mengecek alamat IP komputer Anda sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk melakukannya, mulai dari menggunakan Command Prompt, Network Connections, situs web, aplikasi, sampai router. Dengan mengetahui alamat IP komputer Anda, Anda dapat mengakses komputer lain dari jarak jauh dan mengontrol jaringan.

Cara Mengecek IP Address Komputer