Cara Masak Ayam Bumbu Kuning

Ayam bumbu kuning adalah salah satu menu makanan yang disukai banyak orang. Menu ayam bumbu kuning ini memiliki rasa yang khas, enak, dan gurih. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menyajikan menu ayam bumbu kuning ini juga tidak lama. Berikut ini cara memasak ayam bumbu kuning yang bisa Anda coba.

Mempersiapkan Bahan-Bahan

Untuk membuat ayam bumbu kuning, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut: 1 ekor ayam, 1 sendok makan minyak goreng, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan kaldu bubuk, 2 sendok makan bawang putih yang sudah halus, 2 lembar daun jeruk, 2 cm lengkuas yang sudah dihaluskan, 2 cm jahe yang sudah dihaluskan, 2 cm kunyit yang sudah dihaluskan, 1 buah tomat yang sudah diiris, dan 1 sendok teh merica bubuk.

Menyajikan Ayam Bumbu Kuning

Setelah semua bahan-bahan di atas sudah tersedia, Anda bisa mulai memasak ayam bumbu kuningnya. Pertama-tama, cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong. Kemudian, tumis bumbu halus yang telah dihaluskan selama 2-3 menit sampai harum. Setelah itu, tambahkan gula pasir, garam, dan kaldu bubuk. Aduk semua bahan hingga rata. Masukkan ayam yang telah dicuci ke dalam wajan. Tuangkan bumbu yang telah ditumis tadi ke atas ayam. Biarkan ayam masak hingga airnya meresap dan warna ayam berubah menjadi kecoklatan. Kemudian, tambahkan tomat yang telah diiris dan merica bubuk. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap sempurna ke dalam ayam.

Memasukkan Ayam Kedalam Piring

Setelah ayam bumbu kuning sudah matang sempurna, angkat ayam dan letakkan di atas piring. Sajikan ayam bumbu kuning dengan lalapan dan nasi hangat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sambal dan kerupuk untuk menambah cita rasa ayam bumbu kuning. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Ayam bumbu kuning adalah salah satu menu makanan yang enak dan mudah dibuat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, Anda bisa menyajikan menu ayam bumbu kuning. Cara memasaknya pun mudah dan cepat. Jadi, jika Anda ingin menyajikan makanan spesial untuk keluarga, maka menu ayam bumbu kuning ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selamat mencoba!

Cara Masak Ayam Bumbu Kuning