Cara Setting Indihome yang Mudah dan Praktis

Indihome adalah salah satu layanan internet terbaik saat ini. Dengan koneksi yang sangat cepat dan stabil, berbagai macam layanan tambahan dan fitur yang menarik, layanan ini memiliki banyak penggemar. Namun, sebelum memanfaatkan layanan Indihome, terlebih dahulu Anda harus mengatur settingnya. Berikut adalah cara setting Indihome yang mudah dan praktis.

1. Melakukan Pengecekan dan Preparing

Sebelum melakukan pengaturan, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. Pertama, pastikan Anda sudah memiliki kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan modem Indihome dengan kualitas baik. Kedua, cek juga koneksi internet Anda, apakah sudah tersambung ke jaringan Indihome atau belum. Jika sudah, silahkan lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Ketiga, pastikan settingan modem Anda telah benar. Untuk melakukan settingan ini, Anda dapat membuka halaman pengaturan modem dengan memasukkan IP Address 192.168.1.1 ke kolom URL browser. Setelah masuk, Anda dapat memasukkan username dan password modem. Username dan password tersebut bisa ditemukan di belakang modem Anda. Setelah berhasil masuk, Anda dapat melakukan settingan pada modem tersebut.

2. Melakukan Konfigurasi

Setelah melakukan pengecekan dan preparing, maka selanjutnya Anda dapat melakukan konfigurasi. Pertama, silahkan masuk ke jaringan Indihome dengan memasukkan username dan password yang telah didaftarkan. Biasanya, username dan password untuk masuk ke jaringan Indihome berupa format “Nomor Telepon_Nama Depan”. Misalnya, “0812345678_Andi”.

Kedua, pada halaman pengaturan modem, silahkan pilih menu Network. Di sana Anda akan menemukan beberapa pengaturan seperti WAN Setup, DHCP, DNS, dan IPTV Settings. Anda dapat memilih menu WAN Setup untuk melakukan setting koneksi internet. Pada menu ini Anda akan menemukan beberapa pengaturan seperti Connection Type, VPI/VCI, dan Encapsulation Mode. Anda dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan.

Ketiga, setelah selesai melakukan setting pada menu WAN Setup, silahkan pilih menu DHCP. Di sini Anda akan menemukan beberapa setting seperti DHCP Server, DHCP Client List, dan Name Server. Anda dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Setelah selesai melakukan setting pada menu ini, silahkan pilih menu Save dan Apply.

3. Melakukan Test Koneksi

Setelah melakukan setting, maka selanjutnya Anda dapat melakukan test koneksi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Command Prompt atau CMD. Untuk membukanya, Anda dapat mengetikkan “cmd” di kolom pencarian di menu Start. Setelah berhasil membukanya, silahkan ketikkan “ipconfig” tanpa tanda petik. Di sini Anda akan menemukan beberapa informasi mengenai koneksi internet Anda.

Jika koneksi internet Anda sudah tersambung ke jaringan Indihome, maka Anda akan melihat informasi IP Address, Subnet Mask, dan Default Gateway. Jika ada informasi yang tidak sesuai, maka Anda dapat mengubahnya pada menu WAN Setup. Setelah selesai, maka koneksi internet Anda sudah siap digunakan.

4. Menggunakan Layanan Tambahan Indihome

Selain koneksi internet, layanan Indihome juga memiliki beberapa layanan tambahan yang dapat Anda manfaatkan. Salah satu yang paling populer adalah IPTV atau layanan televisi berlangganan. Dengan layanan ini, Anda bisa menonton berbagai macam saluran televisi tanpa harus berlangganan di televisi kabel. Untuk melakukan setting IPTV ini, Anda dapat membuka menu IPTV Settings di halaman pengaturan modem.

Selain IPTV, layanan Indihome juga memiliki layanan lain seperti Voice (telepon rumah) dan Video on Demand (VOD). Layanan Voice ini berfungsi untuk menerima dan mengirim panggilan telepon rumah. Sedangkan layanan VOD berfungsi untuk menonton berbagai macam film dan acara televisi. Untuk melakukan setting layanan ini, Anda juga dapat membuka menu IPTV Settings di halaman pengaturan modem.

Kesimpulan

Cara setting

Cara Setting Indihome yang Mudah dan Praktis