Cara Membuat Cendol dari Tepung Beras

Cendol adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Rasa manis gurih yang dimilikinya membuat cendol menjadi salah satu kuliner favorit bagi banyak orang. Cendol terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula merah, dan garam. Untuk menambah cita rasanya, banyak orang juga menambahkan daun pandan atau kacang hijau. Sayangnya, tidak semua orang bisa menemukan cendol di tempat-tempat jualan makanan. Namun, jangan khawatir karena di sini kami akan memberitahu cara membuat cendol dari tepung beras.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat cendol, kamu membutuhkan beberapa bahan, antara lain: 300 gram tepung beras, 500 mililiter air, 1/2 sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir, dan 2 sendok teh santan kental. Jika kamu ingin memberi rasa daun pandan pada cendol, kamu juga bisa menambahkan 4 helai daun pandan. Jika kamu ingin memberi rasa kacang hijau pada cendol, kamu dapat menambahkan 40 gram kacang hijau yang telah direbus.

Cara Membuat Cendol

Setelah kamu mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu dapat mulai membuat cendol. Pertama, campurkan tepung beras, garam, dan gula pasir dalam mangkuk. Kemudian, tuangkan air dan santan kedalam mangkuk dan aduk hingga bahan-bahan tersebut tercampur merata. Setelah itu, masukkan daun pandan atau kacang hijau ke dalam adonan. Kemudian, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tuangkan adonan yang telah dicampur ke dalam minyak. Tunggu hingga adonan mengapung diatas minyak dan biarkan hingga warnanya kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

Cara Menyajikan

Untuk menyajikan cendol kamu dapat menambahkan es dan santan kedalam mangkuk. Tuangkan cendol yang telah disiapkan ke dalam mangkuk dan tambahkan gula merah, kacang tanah, dan daun pandan. Untuk menambah cita rasanya, kamu juga bisa menambahkan sagu atau jagung manis. Selesai! Cendol yang kamu buat telah siap untuk disajikan.

Kesimpulan

Itulah cara membuat cendol dari tepung beras. Proses membuat cendol memang sedikit memakan waktu, namun hasilnya sangat memuaskan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera untuk menambah cita rasanya. Jadi, jangan ragu untuk membuat cendol sendiri di rumah dan nikmati hasilnya bersama keluarga!

Cara Membuat Cendol dari Tepung Beras