Cara Bikin Dimsum Ayam

Dimsum ayam merupakan salah satu makanan khas Tiongkok yang populer. Dimsum berbahan dasar tepung, makanan ini dihidangkan dengan cara dikukus dan dimasukkan dalam wadah khas. Dimsum ayam memiliki rasa gurih, renyah dan lezat yang akan membuat siapa saja yang menyantapnya sangat menikmati. Bagi yang ingin membuat dimsum ayam sendiri di rumah, berikut adalah cara membuatnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat dimsum ayam di rumah, Anda memerlukan beberapa bahan, antara lain: 250 gram tepung terigu, 20 gram tepung tapioka, 1 butir telur, 1/2 sendok teh garam, 1 sendok makan minyak sayur, 150 mL air, 2 sendok makan gula pasir, 1/2 sendok teh baking powder, dan 300 gram daging ayam cincang.

Cara Membuat Dimsum Ayam

Langkah pertama, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, gula pasir, baking powder, dan telur dalam wadah. Aduk hingga tercampur merata. Lalu tuangkan minyak sayur dan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga adonan terasa lembut dan elastis. Kemudian diamkan selama 10 menit.

Selanjutnya, ambil adonan dan bagi menjadi beberapa bagian. Bulatkan bagian-bagian tersebut lalu pipihkan dengan rolling pin. Setelah pipih, beri isian ayam cincang di tengah-tengah adonan. Gulung adonan dan lakukan hal yang sama untuk adonan yang lain.

Setelah itu, masukkan dimsum ayam yang sudah dibentuk ke dalam wadah khusus dimsum. Lalu tuangkan air hingga menutupi dimsum. Tambahkan gula pasir ke dalam air setengah sendok teh. Kukus dimsum selama 15 menit hingga matang.

Presentasi

Untuk menyajikan dimsum ayam, Anda dapat menggunakan wadah dimsum atau piring saji. Taruh dimsum di atas piring saji, beri saus pedas dan saus cuka, lalu siramkan minyak bawang putih. Dimsum ayam siap disajikan.

Kesimpulan

Dimsum ayam merupakan salah satu makanan khas Tiongkok yang populer. Membuat dimsum ayam di rumah cukup mudah dilakukan, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan melakukan beberapa langkah. Dengan demikian, Anda dapat menikmati makanan khas Tiongkok tanpa harus keluar rumah. Selamat mencoba!

Cara Bikin Dimsum Ayam