Cara Sujud Syukur yang Tepat Dilakukan Wirda

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Sebagai muslim, kita wajib untuk menyebut nama-Nya, memuji-Nya dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Sujud syukur merupakan salah satu bentuk ucapan syukur yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Sujud syukur adalah sujud khusus yang dilakukan untuk mengucapkan syukur atas nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita yang dapat menjadi salah satu amalan ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Memahami cara sujud syukur yang tepat adalah hal yang wajib untuk dilakukan oleh seorang muslim. Berikut adalah cara sujud syukur yang tepat dilakukan oleh Wirda.

Menyebut Kalimat Ta’awudz dan Tasmiyah Terlebih Dahulu

Sebelum memulai sujud syukur, Wirda harus menyebut kalimat ta’awudz dan tasmiyah terlebih dahulu. Kalimat ta’awudz adalah kalimat yang berbunyi “A’udzu billahi minash shaitanir rajim” yang artinya “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk”. Sementara itu, tasmiyah adalah kalimat yang berbunyi “Bismillahirrahmanirrahim” yang artinya “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Dengan menyebut kedua kalimat ini sebelum melakukan sujud syukur, Wirda telah mengikuti salah satu Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Berdiri Dengan Kedua Kaki

Setelah menyebut kalimat ta’awudz dan tasmiyah, Wirda akan berdiri dengan kedua kaki. Berdiri dengan kedua kaki adalah salah satu cara yang dianjurkan oleh agama Islam untuk melakukan sujud syukur. Wirda harus berdiri dengan tegak dan bersikap sopan. Wirda tidak boleh bergerak atau menggoyahkan tubuhnya. Wirda juga harus berdiri dengan seimbang sampai sujud syukur selesai.

Menyebut Doa Sujud Syukur

Setelah berdiri dengan kedua kaki, Wirda akan menyebut doa sujud syukur. Doa sujud syukur yang dianjurkan oleh agama Islam adalah “Alhamdulillahilladzi yasjudu wa yasjud” yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah menyuruh kita untuk sujud dan juga melakukan sujud”. Dengan menyebut doa ini, Wirda telah menyampaikan ucapan syukur kepada Allah atas nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita.

Bertekad Untuk Berbuat Lebih Baik

Selama melakukan sujud syukur, Wirda harus bertekad untuk menjadi seorang yang lebih baik. Wirda harus bertekad untuk menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Wirda harus bersungguh-sungguh untuk menjadi seorang hamba yang taat dan bertakwa kepada Allah SWT. Dengan bertekad untuk berbuat lebih baik, maka sujud syukur yang dilakukan oleh Wirda akan lebih bermakna dan mendapat pahala yang lebih besar dari Allah SWT.

Melakukan Sujud Syukur Dengan Benar

Setelah menyebut doa sujud syukur dan bertekad untuk berbuat lebih baik, Wirda akan melakukan tindakan sujud syukur dengan benar. Cara melakukan sujud syukur yang benar adalah dengan menggerakkan kedua tangan, lalu menyentuh lutut dengan kedua tangan dan menyebut kalimat “Subhana rabbiyal a’la” yang artinya “Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi”. Setelah itu, Wirda harus mengerakkan kedua tangan ke atas, lalu kembali menyentuh lutut. Wirda harus melakukan gerakan ini sebanyak tiga kali.

Mengulangi Sujud Syukur Beberapa Kali

Setelah melakukan gerakan sujud syukur sebanyak tiga kali, Wirda dianjurkan untuk mengulangi tindakan tersebut beberapa kali sampai Wirda merasa puas dengan amal ibadahnya. Wirda dapat mengulangi sujud

Cara Sujud Syukur yang Tepat Dilakukan Wirda