Cara Mengirim Tugas Lewat Google Drive

Google Drive adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk menyimpan dan berbagi file. Pengguna dapat mengunggah file, folder, foto, dokumen, dan lainnya. Semua file yang disimpan dalam Google Drive akan disinkronkan ke seluruh perangkat pengguna yang terhubung dengan Akun Google. Pengguna dapat menerima dan mengirim file kepada orang lain dengan menggunakan Google Drive. Mulai dari sebuah tugas yang dikirimkan oleh guru kepada siswa, file yang dikirimkan oleh klien kepada pekerja, sampai file yang dikirimkan oleh tim untuk disimpan secara bersama. Ini adalah cara mengirim tugas lewat Google Drive.

1. Buat Folder Baru

Pertama, pengguna harus membuat folder baru di Google Drive. Pengguna bisa mengklik tombol ‘Buat’, dan pilih ‘Folder’ untuk membuat folder. Setelah folder dibuat, pengguna dapat memberi nama folder dengan nama yang dikehendaki. Folder ini akan menjadi tempat dimana pengguna dapat menyimpan dan berbagi file nantinya. Pengguna dapat menambahkan sub-folder yang akan memudahkan dalam pengelolaan file.

2. Unggah File

Kedua, pengguna dapat mulai mengunggah file ke dalam folder yang dibuat. Pengguna dapat mengunggah file dari komputer atau laptop dengan menggunakan tombol ‘Unggah File’. Pengguna juga dapat mengunggah file dari Google Drive, Google Foto atau dari Dropbox. Setelah file berhasil diunggah, ia akan tersimpan di folder yang telah dibuat. Dengan mengunggah file ke folder ini, pengguna dapat mengirimkan tugas lewat Google Drive.

3. Pilih Bagaimana File Akan Dibagikan

Ketiga, pengguna harus memutuskan bagaimana ia akan berbagi file. Pengguna dapat memilih untuk membagikan file melalui link atau email. Pilihan ini akan mempengaruhi siapa yang memiliki akses ke file. Jika pengguna memilih untuk membagikan file melalui link, ia harus memilih hak akses untuk siapa saja yang memiliki link. Jika pengguna memilih untuk membagikan file melalui email, ia dapat memasukkan alamat email orang yang akan menerima file dan memberikan hak akses.

4. Kirim File

Keempat, pengguna dapat mulai mengirim file. Jika pengguna memilih untuk membagikan file melalui link, ia hanya perlu mengirimkan link tersebut ke alamat email yang dituju. Jika pengguna memilih untuk membagikan file melalui email, pengguna perlu mengirimkan email yang berisi link file. Pengguna dapat menambahkan pesan pada email untuk menjelaskan lebih lanjut tentang file yang dikirimkan. Setelah file berhasil dikirim, orang yang menerimanya dapat membuka file dengan mengklik link yang diberikan.

5. Pantau Tugas Yang Telah Dikirim

Kelima, pengguna dapat memantau tugas yang telah dikirim. Pengguna dapat melihat siapa saja yang telah membuka file dan melihat kapan file terakhir kali dibuka. Pengguna juga dapat melihat siapa yang telah mengunduh file tersebut. Dengan fitur ini, pengguna dapat memastikan tugas telah sampai di tangan yang tepat. Pengguna juga dapat melihat siapa yang telah mengubah file yang telah dikirimkan.

6. Bagikan Komentar

Keenam, pengguna juga dapat berbagi komentar untuk tugas yang dikirimkan melalui Google Drive. Pengguna dapat membagikan komentar di dalam folder yang berisi file yang dikirimkan. Komentar yang diberikan akan terlihat oleh siapa pun yang memiliki akses ke folder tersebut. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengobrol dengan orang lain yang berbagi file tanpa harus mengirimkan email atau pesan teks.

7. Bagikan File Ke Berbagai Platform

Ketujuh, pengguna juga dapat membagikan file ke berbagai platform lain melalui Google Drive. Pengguna dapat membagikan file di platform seperti Twitter, Facebook, dan lainnya. Pengguna juga dapat membagikan file melalui link atau mengirimkan file melalui email. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengirim tugas ke orang lain tanpa harus mengunggah file secara manual di platform lain.

<

Cara Mengirim Tugas Lewat Google Drive