Tata Cara Baca Doa Akhir Tahun

Doa merupakan suatu bentuk pengakuan terhadap kekuasaan Allah SWT dan merupakan sarana untuk mengungkapkan keinginan dan harapan. Pada akhir tahun, biasanya umat muslim melakukan tata cara baca doa akhir tahun untuk memohon keberkahan dan keberuntungan pada tahun berikutnya. Berikut adalah tata cara baca doa akhir tahun yang benar.

Membaca Doa Akhir Tahun Khusus

Misalnya, adalah doa akhir tahun yang dibaca setelah shalat tarawih. Doa ini terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama berisi berbagai doa untuk kebaikan dunia dan akhirat. Bagian kedua berisi doa untuk memohon ampunan dari Allah SWT. Doa akhir tahun ini diakhiri dengan salam. Berikut adalah doa akhir tahun khusus yang dapat dibaca setelah shalat tarawih:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkahan-Mu kepada kami. Jadikanlah kami diantara orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada-Mu. Ya Allah, hadirkanlah kami pada bulan Ramadhan dan syawal dengan iman dan keberuntungan. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang berbuat kebajikan dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang berdiri diatas maqam yang tinggi. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang berharap pada rahmat-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang mendapatkan kebaikan dari-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang diterima doa-doa mereka. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.”

Membaca Doa Akhir Tahun umum

Selain doa akhir tahun khusus, ada juga doa akhir tahun umum yang dapat dibaca oleh umat muslim. Doa akhir tahun ini biasanya dibaca setelah shalat Isya. Doa akhir tahun ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar dipermudahkan segala urusan kita. Berikut adalah doa akhir tahun yang dapat dibaca:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkahan-Mu kepada kami. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang bersabar dan bertaqwa. Ya Allah, hadirkanlah kami pada bulan Ramadhan dan syawal dengan iman dan kebaikan. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang diterima doa-doa mereka. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang mendapatkan kebaikan dari-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang mendapatkan kemuliaan dari-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang mendapatkan keberuntungan dari-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang selamat dari azab-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang mendapatkan keberkahan dari-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang mendapatkan kebahagiaan dari-Mu. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.”

Mengucapkan Doa Akhir Tahun

Setelah membaca doa akhir tahun, umat muslim juga disunnahkan untuk mengucapkan beberapa doa lainnya. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk diberi kebaikan, keselamatan, dan kesejahteraan. Berikut adalah doa yang dapat dibaca oleh umat muslim:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkahan-Mu kepada kami. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang bersyukur dan bertaqwa. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang memperoleh kemenangan dan kejayaan. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang mendapatkan kebaikan dan keberuntungan. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang mendapatkan kemuliaan dan kebahagiaan. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang mendapatkan keberkahan dan keberuntungan. Ya Allah, jadikanlah kami diantara orang-orang yang selamat dari azab dan musibah. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.”

Bacaan Doa Akhir Tahun Lainnya

Selain doa akhir tahun yang disebutkan di atas, u

Tata Cara Baca Doa Akhir Tahun