Cara Membuat Kue Bingka Ambon

Kue bingka ambon adalah kue tradisional yang berasal dari Maluku, Indonesia. Kue bingka ambon ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis yang khas. Bahan yang diperlukan untuk membuat kue bingka ambon ini pun cukup sederhana yaitu tepung terigu, telur, susu, gula halus, dan mentega. Untuk menambah rasa yang lebih khas, bisa juga ditambahkan kismis ataupun rempah yang disesuaikan dengan selera masing-masing.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kue bingka ambon, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan. Terdiri dari :

  • 300 gram tepung terigu
  • 4 telur
  • 200 mililiter susu cair
  • 200 gram gula halus
  • 50 gram mentega cair
  • Kismis secukupnya (opsional)

Cara Membuat Kue Bingka Ambon

Untuk membuat kue bingka ambon, pertama-tama kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Setelah itu, campurlah telur dengan gula halus hingga menjadi satu. Lalu, tuangkan susu cair dan mentega cair ke dalam campuran telur dan gula halus. Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis. Setelah itu, tambahkan kismis secukupnya (opsional).

Kemudian, olesi loyang dengan mentega cair ataupun margarin. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam loyang, dan pangganglah selama kurang lebih 40 menit atau sampai matang. Setelah matang, angkat dan sajikan kue bingka ambon. Kue bingka ambon siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga.

Tips Membuat Kue Bingka Ambon

Ada beberapa tips yang bisa diberikan untuk membuat kue bingka ambon yang lebih enak dan lembut. Pertama, hindari menggunakan telur ayam kampung karena telur ayam kampung akan menyebabkan kue bingka ambon menjadi kurang lembut. Kedua, gunakan mentega cair yang telah dipanaskan sebelumnya agar kue bingka ambon lebih lembut. Ketiga, gunakan gula pasir yang halus agar kue bingka ambon menjadi lebih lembut dan manis. Keempat, gunakan susu cair yang hangat agar adonan kue bingka ambon menjadi lebih kalis. Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan pengukus agar kue bingka ambon lebih lembut dan gurih.

Kesimpulan

Kue bingka ambon adalah salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Maluku, Indonesia. Kue bingka ambon ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Untuk membuat kue bingka ambon, kita perlu menyiapkan beberapa bahan yang disesuaikan dengan resep yang ada. Setelah itu, buatlah adonan dan tuangkan ke dalam loyang. Pangganglah kue bingka ambon selama kurang lebih 40 menit dan sajikan. Dengan berbagai tips yang telah disampaikan, kue bingka ambon yang kita buat pasti akan menjadi lebih lembut dan gurih.

Cara Membuat Kue Bingka Ambon