Cara Membuat Jus Bit Agar Tidak Bau Tanah

Jus bit merupakan salah satu jenis minuman yang dibuat dari buah bit. Jus bit juga dikenal dengan nama jus sari buah bit. Jus bit memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan rasanya yang enak. Tidak heran jika jenis minuman ini banyak digemari oleh masyarakat. Sayangnya, jus bit seringkali memiliki bau yang tidak sedap, yaitu bau tanah. Berikut ini adalah cara membuat jus bit agar tidak bau tanah.

Mencuci Buah Bit dengan Cara yang Benar

Pertama-tama, Anda harus mencuci buah bit dengan benar. Sebelum mencuci, Anda dapat membuka kulit buah bit terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat proses pencucian lebih mudah. Setelah itu, bilas buah bit dengan air bersih hingga bersih. Gunakan air yang tidak terlalu panas atau dingin, karena kedua jenis air ini dapat membuat buah bit menjadi lebih mudah rusak. Anda juga harus menggunakan sabun rendah pH untuk membersihkan buah bit. Jangan lupa untuk mencuci buah bit dengan hati-hati agar tidak merusak buah tersebut.

Jangan Membuang Kulit Buah Bit

Jika Anda ingin membuat jus bit tanpa bau tanah, maka Anda harus menyimpan kulit buah bit. Bagian kulit buah bit ini memiliki kandungan yang akan membuat jus bit tidak bau tanah. Jadi, jangan menghilangkan bagian kulit buah bit tersebut. Namun, jika Anda ingin membuat jus bit yang lebih segar, maka Anda dapat menghilangkan bagian kulitnya. Namun, pastikan untuk mencuci bagian ini dengan sabun rendah pH sebelum dipotong.

Memasukkan Buah Bit ke Dalam Juicer

Setelah buah bit siap untuk dimasak, Anda dapat memasukkannya ke dalam juicer. Hal ini dapat membuat jus bit lebih mudah untuk dibuat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan blender untuk membuat jus bit. Namun, jika Anda ingin menghasilkan jus bit yang lebih segar, maka Anda harus menggunakan juicer. Pastikan untuk memasukkan buah bit ke dalam juicer dengan perlahan agar tidak merusak bagian dalam juicer.

Menambahkan Air dan Gula

Setelah buah bit dimasukkan ke dalam juicer, Anda dapat menambahkan air dan gula sesuai selera. Gula dapat membuat jus bit lebih manis dan enak. Jika Anda tidak suka rasa manis, maka Anda dapat menggunakan madu sebagai pengganti gula. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan air ke dalam jus bit agar jus bit tidak terlalu kental. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak air supaya rasa jus bit tidak terlalu encer.

Mengaduk Jus Bit

Setelah jus bit siap, Anda dapat mengaduknya untuk mencampurnya dengan baik. Hal ini dapat membuat jus bit tidak terlalu kental atau encer. Jika Anda ingin menambahkan es batu, maka pastikan untuk menambahkannya pada saat mengaduk jus bit. Anda juga dapat menggunakan sendok untuk mengaduk jus bit. Namun, jika Anda ingin lebih praktis, maka Anda dapat menggunakan tangan untuk mengaduk jus bit.

Menyaring Jus Bit

Setelah jus bit siap, Anda dapat menyaringnya dengan menggunakan saringan halus. Saringan ini dapat menyaring semua bahan-bahan yang ada di dalam jus bit. Hal ini dapat membuat jus bit lebih segar dan tidak terlalu banyak mengandung bahan-bahan yang tidak terlihat oleh mata. Namun, pastikan untuk membersihkan saringan tersebut dengan benar setelah Anda selesai menyaring jus bit.

Menyimpan Jus Bit di Dalam Kulkas

Setelah jus bit siap disajikan, maka Anda harus menyimpannya di dalam kulkas. Hal ini dapat membuat jus bit lebih segar dan tidak bau tanah. Jika Anda ingin menyimpan jus bit lebih lama, maka Anda dapat memasukkan jus bit ke dalam botol yang hermetis. Pastikan untuk menutup botol tersebut dengan rapat agar jus bit tidak berk

Cara Membuat Jus Bit Agar Tidak Bau Tanah