Cara Membuat Sempol dari Tepung Terigu

Sempol atau disebut juga lontong adalah makanan tradisional yang berasal dari Indonesia. Dulu, sempol disajikan dalam bentuk lontong yang berasal dari beras ketan. Namun, seiring berjalannya waktu, orang mulai menggantinya dengan tepung terigu. Selain lebih mudah dibuat, sempol yang dibuat dari tepung terigu juga lebih bervariasi. Berikut adalah cara membuat sempol dari tepung terigu yang harus Anda ketahui.

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat sempol dari tepung terigu, Anda memerlukan beberapa bahan, yaitu: tepung terigu, gula pasir, garam, air, dan minyak goreng. Jumlah bahan ini disesuaikan dengan jumlah yang akan Anda buat. Jika Anda ingin membuat sempol yang banyak, maka pastikan bahwa bahan yang Anda miliki cukup.

Cara Membuatnya

Sebelum membuat sempol, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Anda harus mencampur tepung terigu, gula pasir, dan garam dalam wadah. Kemudian, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis. Kemudian, Anda harus menghaluskan adonan dengan cara menguleni. Anda juga bisa menggunakan food processor untuk mempermudah proses ini.

Setelah itu, Anda harus menggiling adonan hingga halus. Kemudian, Anda harus membuat bentuk sempol yang diinginkan. Anda bisa membentuk sempol dengan menggunakan tangan atau alat sempol. Pastikan bentuknya bulat dan rapat.

Selanjutnya, Anda harus merebus sempol dalam wadah yang telah berisi air. Pastikan bahwa air menutupi sempol yang telah Anda buat. Setelah itu, masukkan sempol ke dalam air yang mengalir dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, angkat sempol dan tiriskan airnya.

Kemudian, panaskan minyak goreng di wajan. Masukkan sempol ke dalam minyak yang telah dipanaskan dan goreng hingga matang. Setelah itu, angkat sempol dan tiriskan minyaknya. Sempol siap disajikan.

Kesimpulan

Itulah cara membuat sempol dari tepung terigu yang harus Anda ketahui. Membuat sempol dari tepung terigu tidaklah sulit, namun Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan dengan baik. Jika Anda telah melakukan semua tahap dengan benar, maka sempol yang Anda buat akan menjadi lezat dan bisa disajikan dengan berbagai macam lauk.

Cara Membuat Sempol dari Tepung Terigu