Cara Membuat Dagu Belah

Dagu belah adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer di Indonesia. Terutama di daerah Jawa Tengah, makanan ini sudah menjadi makanan andalan yang disukai banyak orang. Dagu belah biasanya dimasak dengan bumbu rempah yang kaya dan daging ayam atau ikan. Biasanya, dagu belah disajikan dengan aneka lauk pauk dan sambal terasi yang pedas. Meskipun membuat dagu belah terlihat sangat sulit, namun ternyata cara membuatnya tidaklah begitu rumit. Berikut ini adalah cara membuat dagu belah yang enak dan lezat.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat dagu belah, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang terdiri dari: daging ayam atau ikan, bumbu rempah, jeruk nipis, gula pasir, garam, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, cabai merah, ketumbar, dan daun salam. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan daun pisang, daun salam, dan daun kunyit untuk memberi aroma pada masakan.

Cara Membuat Dagu Belah

Langkah pertama, Anda perlu mencuci bersih daging ayam atau ikan yang akan digunakan. Kemudian, cincanglah daging ayam atau ikan tersebut dengan menggunakan blender atau alat pemotong lainnya. Setelah itu, haluskan bumbu rempah yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, cabai merah, ketumbar, dan daun salam. Kemudian, campurkan bumbu rempah yang telah dihaluskan tersebut dengan daging yang telah dihancurkan. Tambahkan juga jeruk nipis, gula pasir, dan garam. Aduk semua bahan hingga merata.

Langkah selanjutnya, Anda bisa masukkan daun pisang, daun salam, dan daun kunyit ke dalam campuran daging ayam atau ikan tersebut. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur merata. Setelah itu, panaskan minyak goreng di wajan dan tuangkan campuran daging yang telah dibuat tadi. Biarkan hingga daging matang dan berubah warna menjadi coklat keemasan. Setelah itu, angkat dan sajikan dagu belah dengan sambal terasi yang pedas.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, maka proses membuat dagu belah akan berjalan dengan lancar. Daging ayam atau ikan segar bersama bumbu rempah yang dipilih serta daun pisang, daun salam, dan daun kunyit akan menghasilkan dagu belah yang nikmat dan lezat. Dagu belah ini bisa disajikan dengan aneka lauk pauk dan sambal terasi yang pedas. Selamat mencoba!

Cara Membuat Dagu Belah