TULANG BAWANG (TR)- Frengky Andriyanto (PaLa) wartawan muda, yang tergabung di Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang, berhasil terpilih dan masuk 50 besar se-Indonesia dalam kompetisi yang diadakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (RI) pada kategori artikel wartawan.

Pencapaian Frengky Pala, sapaan akrabnya, didapat usai karya tulis dalam artikelnya yang berjudul : Mampu Memaknai Kebhinekaan Indonesia dan Bangga Menjadi Bagian Darinya, terseleksi dan menarik minat dewan juri dari Kementerian, yang digelar dalam rangka peringatan ke-76 kemerdekaan Indonesia.

Namun sayangnya, saat proses verifikasi menuju 10 besar, yang diberitahukan melalui G-mail, tidak diketahui oleh Frengky Andriyanto, sehingga pihak penyelenggara tidak melanjutkan penilaian terhadap karya tulisnya tersebut.

“Saya nggak lihat, ternyata ada pemberitahuan di G-mail, yang isinya untuk verifikasi karya tulis untuk menuju jenjang selanjutnya, cuma yasudahlah nggak papa, dapat peringkat 50 besar se-Indonesia aja saya sudah bersyukur, karena itu aja saya nggak nyangka,” ucap Frengky, Selasa (21/09/2021), di Kantor PWI Tulangbawang.

Sertifikat penghargaan bernomor : 63006/A6/TP.02.05/2021 tersebut, ditandatangani oleh Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Republik Indonesia, Anang Ristanto, Jakarta 06 September 2021.

Dengan demikian, Bung Frengky berharap Kemendikbud dapat meneruskan kegiatan tersebut secara rutin untuk mengapresiasi para wartawan. “Penghargaan ini membuat saya makin semangat menulis dan supaya selalu bisa menjadi seorang jurnalis yang bekerja sesuai kode etik yang berlaku,” tutupnya.

Adapun Frengky Pala adalah satu dari ratusan jurnalis se-Indonesia yang menerima penghargaan tersebut, ia adalah Jurnalis Seputar Tuba di Biro Kabupaten Tulangbawang, dan merupakan bagian dari Management Global Group.

Berikut karya tulisnya :

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Tabik Punn.

Apa sih Kebhinekaan itu, pasti semua kita akan mengerti, karena Kebhinekaan ialah bagian dari Kemerdekaan Bangsa Indonesia, Nusantara yang mampu bersatu, dengan adanya Kebhinekaan Indonesia, dari keberagaman Bangsa, yang mampu dijadikan kekuatan untuk kita Indonesia.

Tapi, mampu kah kita memaknainya. Belum tentu, sebab egois dalam keberagaman didalam Bangsa kita masih sering terjadi, hal itu karena Kebhinekaan itu hanya kita ketahui, tapi tidak kita jalani dengan sepenuh hati.

Salah satu contoh, yakni tingginya kasus Covid di Indonesia karena kita tidak mengikuti anjuran Pemerintah, selalu melawan, dengan alasan urusan perut, lalu ditambah bumbu oleh oknum-oknum yang tidak tau malu memanfaatkan situasi ini.

Bangsa Indonesia tengah berjuang menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi. Pada masa seperti ini bukan saatnya kita saling menyalahkan, melainkan bagaimana kita sebagai bangsa bergandengan tangan mengatasi krisis.

Dulu, para pahlawan kita berjuang melawan penjajah yang menjarah harta dan nyawa rakyat Indonesia dengan senjata dan kekejaman yang tidak masuk akal. Parahnya, ketika pandemi ini tidak hanya menjarah harta tetapi nyawa secara perlahan.

Selama pandemi ini kita sudah dijajah di berbagai bidang yang membuat dampak luar biasa hebat, sehingga membuat wajah Indonesia selalu tertutup oleh masker.

Maka dari itu, ayolah kita bersatu mengaplikasikan apa itu Kebhinekaan Indonesia, dan yakinlah dengan apa yang disarankan oleh Pemerintah, jangan kita mudah terhasut, bersabarlah, kita tidak akan mati karena kelaparan, karena Kebhinekaan dengan ragam budaya, bahasa, ras, suku bangsa, agama, dan kepercayaan, menjadikan kita sebagai saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, yang selalu siap bahu membahu, saling tolong-menolong.

Itulah yang harus kita lakukan kini, ditengah kesulitan, kita wajib semangat bersama melawan Pandemi ini, dengan menjalani makna Kebhinekaan, akan menjadikan kekuatan bagi Bangsa ini, dalam genap usianya yang ke-76 Tahun.

Begitu pula dalam mendorong kesejahteraan Bangsa ini, agar Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh, jangan kita tanya apa yang Bangsa ini berikan kepada kita, tapi apa yang bisa kita perbuat untuk Bangsa ini.

Dengan Kebhinekaan Indonesia itu, ayo kita kenalkan Bangsa ini, kita tunjukkan, bahwa dengan banyaknya perbedaan, menjadikan Indonesia Raya penuh warna dan mampu menggetarkan dunia dengan segudang prestasi dan kebudayaan dalam balutan Kebhinekaan.

Merdeka !!

Wasalamuaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. (rls).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here