Tulang Bawang (TR) – Jelang peringatan Hari Bakti TNI AU yang jatuh tanggal 29 Juli mendatang, Monumen besejarah perjuangan TNI AU kembali menjadi pusat perhatian pimpinan. Sebanyak kurang lebih 70 orang personel Lanud Pangeran M. Bun Yamin melaksanakan korve atau kerja bakti massal membersihkan area Monumen Pesawat A-4 Skyhawk yang terletak di Kantor Kabupaten Tulang Bawang, Menggala, Lampung, Kamis (8/7/2021).

Monumen Pesawat Tempur A-4 Skyhawk yang berada di Kabupaten Tulang Bawang Lampung merupakan pesawat tempur taktis type A-4E Skyhawk dan telah menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat dan daerah Tulang Bawang sejak 18 Mei 2011 lalu. Peresmian monumen Pesawat A-4 Skyhawk ini diresmikan secara langsung oleh Pangkoopsau I pada saat itu.

Dalam catatan TNI AU, pengadaan pesawat tempur A-4 Skyhawk memperkuat TNI AU pada era 1980-an, yang ditempatkan di Skadron Udara 11 Lanud Iswahjudi, Madiun. Dalam perjalanannya, sesuai kebijakan strategis TNI AU, pesawat kemudian di bagi dalam dua Skadron, yaitu Skadron Udara 11 di Lanud Sultan Hasanudin Makasar dan Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Selama berkiprah di TNI AU, Pesawat A-4 Skyhawk banyak menorehkan tinta emas di berbagai medan operasi di seluruh wilayah Indonesia. Seiring dengan perjalanan waktu, pesawat A-4 Skyhawk mengakhiri pengabdiannya di TNI AU, dan sejak tahun 2004 pesawat dinyatakan tidak lagi digunakan TNI AU, keberadaannya kemudian diganti oleh pesawat tempur Sukhoi Su-27/30.

Selain dilaksanakannya kegiatan bersih-bersih area Monumen Pasawat A-4 Skyhawk, untuk keseluruhan _body_/badan pesawat juga dilaksanakan pengecatan ulang _(repainting)_ dengan tetap mempertahankan komposisi warna pesawat aslinya. Proses pengecatan ini turut melibatkan Lanud Pangeran M. Bun Yamin dan pemerintah daerah Tulang Bawang, serta dilaksanakan selama beberapa hari secara teliti dan detail. (Pen Bny/lrs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here