Tulang Bawang (TR) Badan Pendapat Daerah (Bapenda) kabupaten Tulang Bawang Propinsi Lampung melarang jurnalis/wartwan jika ingin memasuki kantor tersebut tidak boleh membawa handphone atau alat lain nya dengan dalih demi kenyamanan.

Terkait hal tersebut Mendapatkan tanggapan dari Juniardi S.IP., MH, selaku Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Propinsi Lampung, ia mengatakan” saya kecewa atas kebijakan yang di buat Bapenda Tulang Bawang melarang jurnalis/wartawan untuk tidak membawa handphone jika ingin memasuki kantor tersebut.

“Kebijakan apa ini kebijakan yang sangat aneh,ko’k wartawan masuk di instansi pemerintah yang sifat nya terbuka gak boleh bawa handphone atau alat jurnalis lain nya dengan alasan ‘demi kenyamanan’ jangan-jagan ada apa- apa nya di dalam istansi tersebut itu.kata nya

Lanjut bang jun sapaan akrab ketua pembelaan PWI propinsi Lampung “Apa lagi sekarang handphone adalah satu satu alat sangat penting bagi jurnalis,yang harus di bawa karena hp wartawan memiliki banyak fungsi baik untuk merekam/mengambil engel foto/vidio saat liputan ataupun konfirmasi.

Inti nya handphone itu alat bantu seorang jurnalis untuk mencari berita membuat berita,jadi jika wartawan tidak boleh membawa hp itu sama saja dalam kategori menghalangi tugas jurnalistik.

Sedangkan jelas Tertuang dalam UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers *setiap wartawan berhak untuk menjalankan tugasnya sebagai pencari berita. Minggu (13/06/2021).

“Oleh karena itu Kebijakan yang di buat Badan Pendapat Daerah kabupaten Tulang Bawang harus cepat di evaluasi demi kelancaran semua pihak dan juga jurnalis/wartawan mitra pemerintah untuk menyampaikan keterbukaan publik.jelas nya.(ZaL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here