Tulang Bawang (TR) – Badan Pendapat an Daerah (Bapenda) kabupaten Tulang Bawang di depan pintu tertera himbauan bagi siapa pun yang hendak masuk ke kantor Bapenda selain (pegawai yang bertugas di kantor bapenda) tidak bisa membawa handphone (hp) termasuk jurnalis/Wartwan. Rabu (09/06/2021).

Hal ini di buktikan wartwan dari surat kabar umum ‘faktual’ bersama rekan nya mencoba masuk kantor BapendA untuk menemui salah satu kepala bidang di dinas terkait tersebut.

Namun benar ada nya setiba nya di kantor Bapenda para awak media di persilahkan masuk ke dalam jika alat/artibut jurnalis seperti hendpone dan hendycame harus dititip penjaga yang bertugas.

Saat di temui para awak media terkait kenapa ada himbauan tidak boleh membawa hp atau lain sebagai nya termasuk jurnalis jika ingin memasuki Bapenda.

“Putu” selaku kasubag urusan kepegawaian keuangan menjelaskan” iya semua yang akan masuk dan menemui salah satu bidang maupun kepala badan tidak boleh membawa handphone dan sebagai nya ini juga berlaku juga untuk jurnalis/wartawan.

“Karena semua nya demi kenyamanan kami yang berkerja apa lagi dari pihak anda-anda semua (wartawan)

di dalam satu kantor ini” (karena jika para media membawa handphone kami merasa terganggu dan tidak nyaman” dengan nada tegas ia(putu) berkata.

Di tempat terpisah pemerhatin berkata “kita heran, apa yang di maksud kenyamanan coba inilah sikap Bapenda Kabupaten Tulang Bawang berlebihan dan baru kali ini ada instansi yang melarang wartawan membawa HP ke ruangannya bila ingin konfirmasi atau lain sebagai nya. Apalagi HP merupakan alat yang dipakai wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” ujar Ardian Muhtar selaku pemeritahin.

Kata dia (Ardian Muhtar), atas sikap dan tindakan Bapenda Tulang Bawang itu publik sangat pantas untuk manaruh curiga ada tidaknya sesuatu yang ingin dirahasiakan dan disembunyikan oleh instansi tersebut.

“Jika wartawan ingin konfirmasi dilarang membawa HP, berarti tidak transparan dan kita menduga jangan-jangan ada sesuatu yang ingin dirahasiakan,” sindirnya.

Mohon kepada bupati Tulang Bawang HJ. Winarti SE.MH. untuk menegur/ mengevaluasi kinerja para jajaran bapenda TuBa yang tidak memperbolehkan para awak media tidak membawa alat kinerja jurnalistik.(zal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here