Tulang Bawang – HJ. Winarti SE.MH Bupati Tulang Bawang dan masyarakat tuba menyambut hangat kunjungan Gubernur Lampung Arinal Djuandi di Sang Bumi negah nyepur.
Dalam Kunjugan orang nomor satu di pemerintahan propinsi lampung tersebut bertempatan  di tangga raja, Menggala kabupaten Tulang Bawang guna menabur bibit ikan dengan mengusung Tema Normalisasi dan restoking/ pelepasan bibit ikan di aliran sungai wai Tulangbawang. Rabu(25-11-2020)
Sebanyak 100 ribu ekor bibit ikan akan di tebar secara langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djuandi Hj Winarti selaku Bupati Tulang Bawang.
 Bibit ikan yang di tebar antara lain 30ribu ekor lele, 30 ribu nila, 20 ribu patin,10 ribu baung dan 10ribu jelabat.
Adapun dalam acara ini turut berpartisipasi PT Sinar tri tunggal perkasa dan persaudaraan orang menggala (Omega).
Dalam sambutan nya Bunda Winarti sapaan akrab bupati tuba mengatakan “penghargaan yang tinggi atas perhatian gubernur lampung dan persatuan orang menggala, atas kabupaten tercinta ini.
Bunda juga meyampaikan keberhasilan pembangunan dan 25 program BMW serta ucapan terimakasih ke propinsi lampung atas di kucurkan nya dana bagi hasil (DBH)utk kabutpaten tuba dan sesuai arahan pak gubernur untuk memperbaiki jalan propinsi yg ada di kabupaten yang berjuluk sang bumi negah nyepur ini. Tutur nya.
Disisi yang sama dalam sambutannya Gubernur Lampung Arinal Djuandi menyampaikan “Kondisi pandemi ini kita belum sempurna menanganinya, oleh karena itu saya sangat berharap masyarakat dapat menataati protokol kesehatan. Tetapi meski masih dalam pandemi covid-19 masyarakat bukan berarti tidak dapat beraktifitas tetap patuhi protokol kesehatan setiap beraktifitas roda ekonomi harus terus berjalan.
Sungai wai Tulangbawang saat ini tengah mengalami pendangkalan, oleh karena itu pengerukan pendalaman untuk sungai wai Tulangbawang sangat perlu. Banyak manfaat dari pengerukan sungai mulai dari antisipasi banjir yang selama ini sering terjadi di kota Menggala khususnya dan juga baik untuk berkembang biak ikan yang ada di sungai ini.
“Saya selalu berdoa kepada Allah SWT, agar pertanian dan perikanan di Lampung ini dapat menjadi lebih baik lagi mengingat potensi yang ada di Lampung dari segi ini sangat potensial, oleh karena itu saya berharap dukungan dari masyarakat terkhusus warga Tulangbawang agar dapat sama-sama menjaga dan melestarikan sungai wai Tulangbawang”,ungkapnya
Lanjut Arinal, Tentunya dengan penebaran pada hari ini tidak menutup kemungkinan di Tulangbawang atau di Mesuji menjadi tempat komoditi penyeberangan Lampung- Bangka Belitung doakan saja tidak akan lama lagi akan ada penyeberangan.
“Dengan adanya penyeberangan ini nantinya produksi-produksi pangan dari hasil bumi kita dapat di kirim ke beberapa provinsi seperti Jakarta dll. Yang mana fungsi sungai tetap berjalan, insya Allah menggala dan way kanan menjadi prioritas saya dalam mencari investor untuk bekerjasama. Dengan adanya investor di bidang perikanan dan pertanian dapat lebih berkembang,  Singkong jangan hanya dijadikan tapioka tetapi dapat di olah lebih dari sekedar tapioka”, tutur Arinal
“Kabupaten Tulangbawang merupakan salah satu Kabupaten andalan saya, potensi mulai dari lahan kering atau pun lahan sawah merimpah ruah. Saya berharap kepada masyarakat untuk menjaga ini semua, kepada pemerintah Kabupaten Tulangbawang harus tegas dalam menghukum para pengebom, penyetruman ikan.”pungkas nya.(ZAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here