Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat di Rumah

Puasa Ramadhan adalah salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh muslim yang beragama. Selain puasa, muslim juga diwajibkan untuk menjalankan sholat tarawih. Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilaksanakan setelah sholat Isya. Biasanya, sholat tarawih dilaksanakan berjamaah di masjid-masjid. Namun, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita diwajibkan untuk berdiam di rumah. Bagaimana cara kita melakukan sholat tarawih 11 rakaat di rumah? Berikut adalah penjelasannya.

Mempersiapkan Sholat Tarawih 11 Rakaat di Rumah

Pertama-tama, kamu harus mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat tarawih di rumah. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kamu harus memperbaharui wudhu. Wudhu adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap muslim sebelum melaksanakan sholat.
  • Kamu harus mempersiapkan tempat dan lokasi yang nyaman untuk sholat. Pastikan lokasinya bersih dan memenuhi syarat sebagai tempat sholat.
  • Kamu juga harus mempersiapkan pakaian yang suci dan nyaman untuk sholat. Usahakan pakaian yang kamu gunakan sesuai dengan syariat yang berlaku.
  • Kamu juga harus mempersiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Jika memungkinkan, kamu bisa menyiapkan makanan dan minuman yang berbuka untuk keluarga dan juga untuk saudara-saudara muslim lainnya.

Jika kamu sudah mempersiapkan semua hal di atas, maka kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu melaksanakan sholat tarawih 11 rakaat di rumah.

Melaksanakan Sholat Tarawih 11 Rakaat di Rumah

Setelah semua persiapan telah selesai, maka kamu bisa melanjutkan ke tahap melaksanakan sholat tarawih 11 rakaat di rumah. Cara melaksanakannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kamu harus mengucapkan niat sholat tarawih 11 rakaat. Kamu bisa mengucapkan niat seperti ini: “Aku niat sholat tarawih 11 rakaat karena Allah Ta’ala semata”.
  • Kedua, kamu harus melakukan sholat sunnah 2 rakaat sebagai persiapan untuk melaksanakan sholat tarawih 11 rakaat. Kamu bisa melakukan sholat sunnah ini dengan ikhtiar dan kerendahan hati.
  • Ketiga, kamu harus memulai sholat tarawih 11 rakaat. Pada sholat tarawih ini, kamu harus melakukan 11 rakaat dengan ikhtiar dan kerendahan hati. Jika kamu sudah selesai dengan 11 rakaat, maka kamu harus melakukan sholat witir sebagai penutup dari sholat tarawih.

Sholat tarawih 11 rakaat di rumah ini bisa kamu lakukan secara mandiri ataupun berjamaah dengan keluarga. Yang penting, kamu harus menjaga kesucian jiwa dan hati saat melaksanakan sholat tarawih.

Doa Setelah Sholat Tarawih 11 Rakaat di Rumah

Setelah kamu selesai melaksanakan sholat tarawih 11 rakaat di rumah, maka kamu pun bisa melanjutkan untuk mengucapkan doa setelah sholat. Doa setelah sholat yang bisa kamu ucapkan adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan karunia-Mu kepada kami. Berikanlah kesabaran dan kekuatan kepada kami untuk menjalankan segala perintah-Mu. Amin.”

Dengan doa di atas, semoga kita semua bisa menerima ridho dan berkah dari Allah SWT.

Tips Agar Sholat Tarawih 11 Rakaat di Rumah Lebih Baik

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas sholat tarawih 11 rakaat di rumah. Berikut adalah tips tersebut:

  • Kamu harus menjaga kebersihan lokasi dan tempat sholat. Usahakan untuk membersihkan lokasi dan tempat sholat setiap k

    Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat di Rumah